KAPLAN MT TANK TERBARU, JOINT STRIKE ANTARA TURKI DAN INDONESIA


Hello... wah sudah lama ya kita ngk bertemu lagi hehehehe... kali ini admin akan mengulas salah satu tank ringan buatan dalam negeri loh, ada yang tau nggk..? 

Tank ini di namakan Kaplan MT hasil kerja sama antara FNSS Turki dan Pindad Indonesia, tank tersebut dirancang untuk bisa kemampuan bermanufer di tanah rawa dengan mobilitas yang mampuni. 

Prototipe pertama dari tank Kaplan MT dipamerkan pada Pameran Industri Pertahanan Internasional ke-13 (IDEF) 2017 yang diadakan di Istanbul pada bulan Mei. bahkan tank tersebut pernah muncul pada parade militer Hari Angkatan Bersenjata Nasional pada bulan Oktober.


DESAIN
Desain tank menyerupai tank Tempur Utama Standar (MBT) dengan tata letak kemudi pada bagian depan yang dilengkapi dengan beberapa instrumen panel kemudi bertujuan agar sang sopir lebih lincah dalam membuat manufer. Pada bagian tengah terdapat ruangan kru terdiri dari penembak dan komandan tentunya,  mereka dilengkapi dengan sistem pengamatan canggih untuk melakukan observasi dan pengintaian baik siang ataupun malam, sementara sang komandan dipasangkan dengan pemandangan panorama. terakhir pada bagian belakang lambung tank terdapat komparator mesin.
KAPLAN MT juga dilengkapi dengan sistem manajemen medan perang (BMS), sistem interkom kru nirkabel, sistem navigasi dan sistem pemadam kebakaran otomatis.

PERSENJATAAN
Dalam persenjataanya tank dilengkapi dengan senjata utama Meriam CMI Cockerill 3105 dengan kaliber 105mm Standar Nato serta mengusung mekanisme auto loader.  Meriam 105 mm mampu menghantam sasaran berjarak 10km. selain itu yang tak kalah penting adalah sistem senjata sekunder termasuk senapan mesin koaksial 7.62mm yang disematkan pada sisi kiri senjata utama.

LAPISAN PELINDUNG

Kaplan MT memberikan perlindungan balistik STANAG 4569 Level 4 dengan ketahanan terhadap proyektil lapis baja. serta mampu menahan ledakan TNT 10kg di bawah lintasan dan bawah lambung. bahkan untuk menaikan kemampuan pertahanan  menjadi lavel 5, tank bisa dilengkapi dengan tambahan pelindung armor setebal 25mm untuk menahan tambakan berjenis (APDS-T) dan perilindungan terhadap senjata KIMIA (CBRN). tambahan lain adalah tank dilengkapi dengan peluncur granat asap dan sistem peringatan laser untuk meningkatkan survability terhadap musuh.

MESIN
Tank ini didukung oleh mesin diesel generasi baru yang digabungkan ke transmisi yang dikontrol otomatis secara elektronik. mesin jenis ini menawarkan tenaga sebesar 20h/t serta Bahan bakar dipasok dari dua tangki bahan bakar terpisah. 

Sistem suspensi anti-shock KAPLAN MT memiliki batang torsi dengan track tersemat ganda yang menawarkan mobilitas tinggi pada lingkungan perkotaan dan kondisi lintas negara. Setiap sisi trek mencakup enam roda jalan ganda karet lelah dengan sproket penggerak maju, tank tesebut dapat beroperasi dalam suhu ekstrim berkisar antara -32 ° C dan 55 ° C.

dengan mesin seperti itu tank mampu menggeber dengan kecepatan jalan maksimum 70 km / jam dan rentang operasi minimum 450 km.  serta mampu melintasi rintangan vertikal 0.9m dan dapat menyeberangi parit 2m.|||0|||0

No comments:

Post a Comment

Pages