RANDURLAP | KENDARAAN TEMPUR KHUSUS KOKI MILITER

Hallo ketemu lagi... gimana puasanya..? pasti lancar donk.. hehhe.. kali ini admin akan mengulas mengenai kendaraan militer buatan dalam negeri yang diberinama Randurlap. kendaraan militer ini bukanlah kendaraan militer pada umumnya. Randurlap adalah kepanjangan dari Kendaraan Dapur Lapangan ...nah mungkin kawan kawan sekalian bingung seperti apa bentuknya..? Kalau kendaraan militer lain mengangkut persenjataan mulai dari rudal anti tank , meriam sampai senapan koaksial.. berbeda dengan Randurlap kendaraan ini malah mengangkut peralatan masak lengkap beserta wajannya memang kendaraan ini di desain untuk mengangkut para juru masak (Koki militer) untuk menyediakan makanan para tentara.

PROFILE RANDURLAP TAMPAK DEPAN

Dibuat menggunakan sasis truck Hino Dutro inilah yang menjadi basis kendaraan randurlap kemudian dimodifikasi agar sesuai dengan peruntukkannya  dan mampu memfasilitasi asupan makanan 600 hingga 800 personel militer. 

Berbicara mengenai persenjataannya randurlap memiliki  gas deep fryer untuk mengolah makanan kering, gas boiling pan untuk makanan berkuah dan sayuran, gas rice cooker 3 deck serta freezer berukuran cukup besar untuk menyimpan bahan makanan mentah. Selain itu, juga dilengkapi dengan tangki air untuk kebutuhan memasak dan mencuci piring gelas dan peralatan masak berkapasitas 800 liter. Persenjataan lain yang tak kalah penting adalah adalah wstafel utuk mencuci perlengkapan masak, exhaust, detektor kebocoran gas dan tandon air panas.


 Dari persenjataan yang diangkut randurlap tentu memerlukan amunisi yang tak kalah garang, untuk memasak nasi pada randurlap yang berbahan bakar solar itu, terdapat alat penanak nasi berbahan gas elpiji dengan kapasitas lima kilogram dalam sekali masak. Di mobil itu terdapat tiga penanak nasi.
bahkan Agus Kristanto selaku kepala teknisi PT Saba Wijaya Indonesia mengatakan "Kurang dari 25 menit, randurlap bisa memasak 15 kilogram nasi," 



Randurlap saat ini masih bersifat protorype yang dipamerkan pada pameran Alusista tahun 2018 yang lalu. bahkan Randurlap tersebut rencananya akan diluncurkan pada 2018 dan dipasarkan di industri pertahanan dalam negeri untuk TNI dan Polri.

Sebagai kendaraan, kecepatan maksimal randurlap adalah 104,6 kilometer per jam. Meski begitu, kata Agus, randurlap hanya dapat melintasi kawasan middle offroad, yakni tanah yang cukup landai, tidak terlalu terjal, dan sedikit bebatuan. Randurlap di beri aksen warna hitam agar kelihatan sangar sebagai kendaraan militer pada umumnya. |||0|||0

Sumber Foto :
CNN 
us-truck.id

No comments:

Post a Comment

Pages