JAGUAR, TANK INTAI BUATAN PERANCIS

Walaupun Amerika dan Rusia selalu mendominasi dalam dunia militer tak ada salahnya kita kali ini terbang ke negara Perancis selain terkenal dengan Zinedine Zindan.. hehehehe, negara inipun tak kalah hebatnya dalam menyumbang teknologi militer dunia. kita disana akan membahas mengenai Kendaraan lapis baja ringan milik negara Perancis yang di berinama Jaguar. 

Armored reconnaissance vehicle


Jaguar adalah kendaraan pengintai lapis baja terbaru buatan Perancis untuk mengganti AMX-10RC dan ERC-90 sEAGIES .  Jaguar lahir dari Engine Blinde de Reconnaissance et de Combat (EBRC) yang dimana program ini adalah tonggak awal revolusi teknologi untuk menggantikan kendaraan lapis baja yang sudah tua.  

Jaguar dikembangkan oleh konsorsium perusaahaan dalam negeri, yang terdiri dari Nexter System, Renault Trucks Defense dan Thales . Pesaing Jaguar dalam EBRC adalah Panhard buatan Sphix namun karena beberapa hal itu tidak disetujui oleh angkatan darat Perancis. 

Mockup Jaguar pertama kali muncul di publik pada tahun 2016. Direncanakan akan di produksi sebanyak 248 buah untuk memenuhi Angkatan Darat Perancis hingga tahun 2020. bahkan negara sejawatnya seperti Belgia terpikat dengan Jaguar sehingga membeli sebanyak 60 buah yang akan di kirim pada tahun 2025. 

Jaguar dibuat secara mandiri mengingat bangsa ini sudah berpengalaman dalam memproduksi kendaraan lapis baja tangguh. Pembuatan Jaguar mengedepankan estetika, mobilitas, dukungan persenjataan, termasuk perlindungan terhadap awaknya. walaupun Jaguar di bangun secara apik, namun analis militer mengatakan bahwa bobot Jaguar yang sangat berat dan kecil sangat menyulitkannya jika menghadapi perang konvensional sehingga Jaguar hanya cocok di peruntukkan untuk peran pertempuran aktif bahkan Jaguar diklaim tidak lebih bagus dengan AMX-10RS atau ERC-90. 

Nah... kita akan lanjut berbicara masalah persenjataan.  Jaguar hanya dipersenjatai dengan meriam otomatis 40 mm dengan jangkauan efektif maksimum 1 500 m.  namun meriam ini sudah memiliki sistem dual-feed yang mampu memuntahkan peluru berkecepatan 180 putaran per menit serta mempunyai stabilizer sehingga mampu menembakkan beberapa amunisi dengan akurat seperti APFSDS-T, TP-T, TPRR-T, GPR-PD-T, dan GPR-AB-T. bukan hanya itu Jaguar dilengkapi dengan senapan mesin koaksial 7,62 mm. dan rudal anti-tank berjarak jangkau 4000 m  yang dipasang di kedua sisi turret.  Jaguar dioperasikan oleh 3 awak, termasuk komandan, penembak dan pengemudi. Driver duduk di depan, komandan dan penembak berada di bagian tengah sedangkan Kompartemen mesin ada di belakang.

Selesai persenjataanya kita lanjut membahas baju besi Jaguar yang diklaim mampu menahan ledakan dari sebuah ranjau berkekuatan 10 Kg TNT, Lambung Jaguar di buat dalam bentuk V mempunyai ketebalan 14,5 mm terbuat dari kombinasi alumunium dan tambahan kit armorddan dilengkapi dengan Sistem perlindungan NBC atau perlindungan dari pertempuran senjata kimia. 


Jaguar dilengkapi dengan beberapa sistem pertahanan, seperti sistem peringatan laser dan sistem deteksi rudal. Jaguar akan membawa berbagai sensor untuk pengawasan ,  observasi dan tak kalah penting adalah sistem manajemen pertempuran, yang memungkinkan pasukan dan kendaraan tempur lainnya berbagi informasi di medan perang.

Terakhir kita akan membahas daya geber dari Jaguar .. mengenai daya geber memang tak sesangar namanya namun apalah arti sebuah nama di medan pertempuran. Jaguar menggunakan komponen otomotif truk  off-road 6x6 walaupun begitu ini dimaksudkan agar murah dalam perawatan dan service sehingga mampu menekan biaya operasional. 

Kendaraan ini didukung oleh mesin diesel turbocharged Renault DXi7 berkekuatan 400 Hp sebenarnya Ini adalah mesin truk komersial standar, namun telah disesuaikan termasuk bahan bakarnya. Mesin Jaguar dikawinkan dengan transmisi otomatis dan full-time all-wheel drive kemudian  dilengkapi dengan sistem ban sentral inflasi, ban run-flat, dan memiliki mobilitas lintas negara yang baik. Tidak sama seperti AMX-10RC, ERC-90 Sagaie dan VAB HOT, Jaguar tidak memiliki kemampuan amfibi. Jaguar dapat di mobilisasi dengan menggunakan pesawat C-130 Hercules atau pesawat kargo militer yang lebih besar. |||0|||0

No comments:

Post a Comment

Pages