DAFTAR NAMA PELURU KENDALI JELAJAH ZAMAN NOW ERA 2017-2018

Hallo pembaca... kali ini admin  akan mengulas mengenai beberapa macam jenis Peluru Kendali jelajah zaman now yang di takuti dunia, ternyata dari sekian banyak rudal tersebut Indonesia juga memilikinya lho...! seperti  P800 Oniks atau bahasa yang lebih femiliarnya adalah Rudal Yakhont. Nah...Sebelum kita mengulas lebih lanjut mengenai jenis Peluru Kendali Jelajah tersebut mari kita simak penjelasan om wikipedia mengenai apa pengertian dari peluru kendali jelajah tersebut...!

Peluru kendali jelajah adalah peluru kendali yang memakai sayap dan menggunakan mesin tenaga penggerak, biasanya Mesin jet sehingga mampu terbang jauh. Peluru kendali jelajah intinya adalah sebuah bom terbang. Peluru kendali jelajah dirancang untuk membawa hulu ledak konvensional dalam jumlah besar atau nuklir dan dapat menjangkau ratusan mil dengan tingkat akurasi tinggi. Peluru kendali jelajah modern dapat terbang mencapai kecepatan supersonik atau subsonik , menggunakan sistem kendali otomatis dan dapat terbang pada ketinggian rendah untuk menghindari radar.


Waalupun mirip, tetapi rudal jelajah dibedakan dengan wahana tanpa awak (UAV), karena rudal hanya digunakan sebagai senjata, bukan sebagai alat mata-mata, dan hulu ledak rudal hampir selalu bersatu dengan badan rudal dan dalam setiap misinya setiap rudal pasti dikorbankan.

Berikut jenis Peluru Kendali Jelajah zaman now yang tidak tergantikan sepanjang era 2017-2018
 
RGM-84 HARPOON BLOCK | AMERIKA
Spesifikasi Rudal Jelajah Harpoon
Harpoon adalah rudal jelajah yang masih memperkuat armada angkatan laut Negara Amerika . Rudal Harpoon dibangun Boeing dan dikenal memiliki kemampuan beroperasi di segala cuaca, over horizon, yang sangat fleksibel. Selama beberapa dekade, rudal telah diperbarui untuk menyertakan teknologi navigasi, seperti GPS, Inertial navigation system (INS), dan sistem elektronik lainnya agar lebih akurat dan serbaguna terhadap kapal-kapal dan berbagai target darat.


RBS-15 MK 3 | SWEDIA
Spesifikasi Rudal Jelajah RBS-15 Swedia
RBS-15 adalah rudal multi platform yang dapat diluncurkan dari kendaraan di darat (truk), aneka jenis kapal perang, dan pesawat tempur. Meski varian perdananya lebih muda dari MM38 Exocet, namun RBS-15 MK1 sudah mulai digunakan AL Swedia pada tahun 1984. Dari spesifikasi, RBS-15 MK3 masuk kelas rudal jelajah yang pola operasinya fire and forget. RBS-15 MK3 bisa bekerja dengan pola beyond the horizon operation, pasalnya jangkauan rudal ini bisa tembus diatas 200 Km

SOM | TURKEY
Spesifikasi Rudal Jelajah SOM Turky
SOM adalah Jenis Rudal Jelajah udara ke permukaan jarak jauh generasi terbaru milik negara turki, rudal ini sejatinya dikembangkan oleh Badan Penelitian dan pengembangan pertahanan negara turki dan roketstan. sasarannya pun beragam mulai dari target yang berada di udara, darat, maupun laut. bahkan pada bulan oktober 2014 rudal ini akan memperkuat persenjataan F35 yang bekerja sama dengan Lockheed martin.

NAVAL STRIKE MISSILE | NORWEGIA
Anatomy Rudal Jelajah NSM
NSM adalah satu satunya rudal jarak jauh yang mempunyai tingkat presisi yang sangt tinggi bahkan yang ada saat ini, Rudal ini sejatinya di pilih angkatan laut kerjaan norwegia untuk memperkuat armada lautnya bahkan disematkan pada korvet kotvet jenis baru yang mereka miliki, Kelebihan NSM adalah mempunyai sistem yang sangat fleksibel yang dapat di luncurkan dari berbagai platform untuk bermacam target.  mengadopsi desain airframe NSM mampu bermanufer dengan lincah serta dilengkapi dengan alat skiming laut yang mampu mendeteksi berbagai sasaran dan menghantamnya dengan akurat.

TOMAHWAK | AMERIKA
Anatomy Rudal Jelajah Tomahowk
Rudal Tomahawk memiliki berat 2.900 pon atau 1.315 kg dan berukuran lebih dari 18 kaki atau 5,56 meter panjangnya.Rudal ini mampu membawa hulu ledak konvensional 1.000 pon berkisar antara 700 dan 1.350 mil laut, menurut US Navy Tomahawk sudah beberapa kali mengalami pembaruan selama 'masa tugasnya' di militer AS. Versi terbarunya adalah Block IV yang sudah dipakai sejak 2004, memiliki transmisi data dua arah untuk mengubah target setelah rudal ditembakkan, termasuk terrain navigation, kamera untuk mencocokkan foto target dan lainnya. Bahkan Tomahawk versi terbaru ini juga bisa berputar-putar di dekat target sambil menunggu waktu yang tepat untuk menyerang. Saat mengitari target ini, Tomahawk akan menggunakan transmisi data dua arah ini untuk mengirimkan foto ke command center sebelum akhirnya 'meledakkan diri'.

STROME SHADOW SCALP EG | FRANCIS 
 
Storm Shadow sendiri memiliki bentuk rudal yang menarik, dengan tubuh relatif mengotak dengan kepala ogif. Rudal ini didesain untuk mampu menjebol beton atau bebatuan, serta dilengkapi dengan pemandu inersial. Dimensinya adalah panjang 5,1 meter, bentang sayap 3 meter, dan diameter 0,48 meter. Bobotnya mencapai 1,3 ton dan jarak efektif 250 kilometer. Hululedak Storm Shadow dibuat oleh pabrik Royal Ordnance dengan nama BROACH (Bomb Royal Ordnance Augmented Charge) yang dibuat dua tingkat, yang pertama menjebol dan yang kedua akan menembus permukaan. Saat terbang rudal dikontrol sayap utama dan sayap ekor, serta ditenagai oleh mesin Turbomeca Microturbo TRI 60-30.

P800 ONIKS | RUSSIA
BRAHMOS  | INDIA & RUSSIA
Anatomy Rudal Jelajah Oniks & Brahmos
P-800 ONIKS juga dikenal di pasar ekspor sebagai Yakhont (bahasa Rusia: Яхонт; bahasa Inggris: ruby or sapphire), adalah Rudal Anti Kapal Permukaan supersonik dari Russian/Soviet di kembangkan oleh Mashinostroyeniya dengan versi ramjet dari P-80 Zubr. Pembangunan dilaporkan dimulai pada tahun 1983, dan pada tahun 2001 memungkinkan peluncuran rudal dari darat, laut, udara dan kapal selam. Rudal itu memiliki penamaan NATO SS-N-26. Hal ini dilaporkan Sebagai pengganti P-270 Moskit, tetapi mungkin juga untuk P-700 Granit. P-800 dilaporkan digunakan sebagai dasar untuk rudal bersama Rusia-India supersonik PJ-10 BrahMos.


3M-54 KALIBR | RUSSIA 
YJ18 | CHINA
Anatomy Rudal Jelah 3M-54 Kalibre
Yang pertama adalah rudal jelajah Kalibr (versi Rusia 3M-54 Калибр, versi NATO SS-N-27). Rudal jelajah buatan Russia ini merupakan salah satu rudal yang paling mematikan yang di miliki oleh militer Rusia. Rudal Kalibr memiliki jangkauan hingga 4000 KM dengan kecepatan saat terbang hingga Mach 3. Selain itu rudal yang dapat di luncurkan dari darat, laut maupun udara ini dapat terbang rendah untuk menghindari deteksi radar. Rudal Kalibr merupakan hasil dari Biro Desain Novator yang mulai membuat rudal jelajah ini pada tahun 1990-an. Rudal ini selain dapat membawa hulu ledak konvensional juga dapat membawa hulu ledak nuklir. Departemen Pertahanan Amerika Serikat meyakini bahwa Rudal Yj18 mirip dengan Rudal Klub 3m-54 milik rusia. rudal YJ-18 milik China bisa meluncur hampir 1.000 kilometer per jam, atau sedikit di bawah kecepatan suara, terbang beberapa meter di atas permukaan laut. Jika target ada di jarak 20 mil laut, rudal ini bisa meningkatkan kecepatan hingga tiga kali kecepatan suara, sehingga sulit diantisipasi oleh senjata penangkis."Kecepatan supersonik membuatnya sulit ditembak dengan senjata di atas dek. Rudal ini juga target yang terlalu cepat bagi radar," kata Larry Wortzel, anggota Komisi Peninjauan Keamanan dan Ekonomi AS-China. |||0|||0



No comments:

Post a Comment

Pages