Monday, 19 March 2018

MUSLIM CYBER ARMY DALAM PROSPEKTIF CYBERWARFARE DAN DUNIA HACKING

Muslim cyber army yang disingkat (MCA) mungkin nitizen sudah mahfum dengan hal satu ini banyak pro dan kontra kenapa MCA begitu dahsyat gaungnya di dalam dunia maya . kali ini admin akan mencoba mengulas mengenai MCA dari sudut pandang yang lebih luas dalam dunia perang cyber. 

Contoh Serangan Cyber Tahun 2013

Dalam topologi yang lebih luas perang cyber bisa diartikan  perang yang sudah menggunakan jaringan komputer dan Internet atau dunia maya (cyber space)  dalam bentuk strategi pertahanan atau penyerangan sistim informasi lawan. perang cyber   mengacu pada  penggunaan fasilitas www (world wide web)  dan jaringan komputer untuk melakukan perang di dunia maya.

Bahkan Richard A. Clark, seorang ahli dibidang kemamanan pemerintahan dalam bukunya Cyber War (Mei 2010), mendefinisikan Cyber War sebagai aksi penetrasi suatu negara terhadap jaringan komputer lain dengan tujuan menyebabkan kerusakan dan gangguan.

Peperangan cyber bisa menghadirkan banyak ancaman terhadap sebuah bangsa. Pada tingkat yang paling dasar, serangan cyber dapat digunakan untuk mendukung peperangan tradisional. Misalnya, merusak operasi pertahanan udara melalui sarana maya untuk memudahkan serangan udara . Selain ancaman "HARD ATTACK" ini, perang cyber juga dapat berkontribusi terhadap ancaman "SOFT ATTACK" seperti spionase dan propaganda.

Dalam mengatasi hal tersebut banyak negara kuat di dunia membuat tentara cyber untuk mengantisipasi perang cyber seperti : 

  • China : Tentara cyber China kabarnya dimobilisasi oleh People's Liberation Army dan juga melibatkan masyarakat sipil, salah satu bentuk serangannya diberi diberi kode nama Titan Rain terhadap Amerika dan berhasil mencuri beberapa file penting termasuk pembuatan pesawat tempur F35 milik Amerika. 
  • Inggris : negeri kerajaan itu mendirikan lembaga khusus bernama Research Institute in the Science of Cyber Security (RISCC). bahkan Organisasi intelijen Inggris MI6 juga gencar melakukan serangan cyber. Mereka tercatat pernah membobol website milik Al Qaeda.
  • Rusia : Rusia juga punya kapabilitas cyber yang tidak bisa dipandang remeh. Mereka punya lembaga khusus pertahanan cyber, seperti Russian Cyber Forces. Tentara cyber Rusia diduga kuat pernah melakukan serangan hebat ke Estonia pada tahun 2008. Ketika itu, website penting di Estonia banyak yang tumbang dan mengganggu jalannya negara.
  • Amerika : Amerika Serikat mendedikasikan cukup banyak sumber daya untuk memperkuat kemempuan cyber. Di antaranya, dengan mendirikan United States Cyber Command pada tahun 2009. Lembaga lain yang terlibat dalam pertahanan cyber AS adalah National Security Agency. Mantan presiden George W Bush pernah menyatakan NSA melancarkan serangan cyber secara terorganisir pada sejumlah negara. 
  • Indonesia : Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah menggelar program Born To Control untuk menjaring 10.000 kandidat pasukan cyber security yang akan menjaga keamanan Indonesia di ranah digital. Namun sebelum terbentuk Indonesia sudah membuat Sistem Pertahanan Berlapis untuk mengantisipasi ancaman cyber. bisa baca artikel sebelumnya di Konsep Pertahanan Cyber Berlapis Indonesia


Bagaimana dengan MCA..?
Muslim Cyber Army pada dasarnya adalah  salah satu organisasi tanpa bentuk yang dibangun untuk tujuan tertentu, bisa dikatakan adalah bagian dari Anonymous, namun sebagian besar anggotanya memang beragama Islam. Kegiatan hacking mereka umumnya ditujukan ke situs pemerintahan, tapi mereka tidak pernah mencampuri urusan politik. 

Muslim Cyber Army yang asli, sudah ada sejak tahun 2010. Namun karena anggotanya yang mulai sibuk dengan urusan masing-masing, pada akhirnya di tahun 2014 mulai menghilang. Pada saat itu salah satu anggotanya yang paling terkenal memiliki kode nama "Bill Gate". bahkan masih banyak lagi para anggotanya seperti Int3rn3t Troj3N - Mr.Multi Hack - TH3_D@RK_V0RT3X - 3v!L GeN!Us - BillGate - TH3BL@CKC0D3 - ||v||4sT3r X-Unikc00deR - Bulka Hackers - intruder - w3b_dR1ft3R - BT-Dragon - HusseiN98D –TheMask.

Nah Bagaimana Versi Muslim Cyber Army yang marak di indonesia ..? MCA Indonesia mulai menunjukan pergerakannya pada pemilu 2014 serta aksi serangan propaganda Kekalahan Basuki Tjahya Purnama alias ahok  dalam pilkada jakarta serta vonis dua tahun penjara terhadap sang petahana dalam kasus "penistaan agama" pada 9 Mei 2017. Pergerakan MCA di indonesia sudah lepas dari koridor MCA dan Annonymous yang  tidak pernah mencampuri urusan politik. 

Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa apa yang dilakukan MCA versi Indonesia adalah salah satu wujud dari Cyberwarfare terlepas dari skill yang mereka miliki , namun pada hakikatnya seseorang bisa dianggap "Cyber Army" dapat dilihat dari penguasaan ke ilmuannya serta skill cyber dalam meretes ataupun melemahkan data dari keamanan suatu sistem bukan bagaimana cara menyebarkan dan mengeskploitasi propaganda. |||0|||0

Sumber :
http://www.academia.edu/5808743/CYBER_WARFARE
https://jalantikus.com/tips/sosok-asli-muslim-cyber-army/
https://en.wikipedia.org/wiki/Cyberwarfare
https://tirto.id/mengenal-secara-dekat-muslim-cyber-army-cFwM

0 komentar:

Post a Comment