KHIBINY ELECTRONIC COUNTERMEASURE SISTEM PERANG ELEKTRONIK BUATAN RUSIA

Ditengah konflik yang menerjang negara Rusia, kini memaksa Negara tersebut mengembangkan Teknologi dan senjata elektronik secara besar besaran untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi. Salah satu pengembangan terbaru dari Rusia adalah kemunculan senjata Electronic Countermeasure bernama “Khibiny”. 

Senjata ini diklaim negara barat turut dipakai Rusia menyerang dan mengusir kapal perang Amerika Donald Cook yang mencoba memasuki perairan laut hitam, Begitu dahsyatnya radiasi dari perangkat Khibiny mengakibatkan lumpuhnya  system elektronik pertahanan kapal perang tersebut. 




Jika kita berbicara mengenai ilmu kemiliteran teknologi semacam ini sering disebut sebagai Perang Elektronik atau disingkat (Pernika). 

Foto Khibiny terpasang

Khibiny Electronic Countermeasure (ECM) secara umum bisa di jelaskan sebagai suatu alat /perangkat listrik atau elektronik yang memanfaatkan gelombang elektronik untuk mengelabui atau menipu radar, sonar atau deteksi sistem lain, seperti inframerah (IR) atau laser . Senjata ini digunakan  baik ofensif dan defensif untuk menyangkal penargetan informasi kepada musuh.

Penggunaan Khibiny dibuat berukuran relatif kecil berbentuk torpedo yang terpasang pada ujung sayap pesawat yang bertugas melindungi pesawat dari segala jenis serangan musuh. Setelah kru pesawat tempur menerima peringatan serangan misil, Khibiny langsung beraksi dengan mengaktifkan ‘perlindungan radio elektronik’ yang akan mencegah misil mencapai target dan membuat misil tersebut terbang menyimpang dari seharusnya. Fungsi dari Khibiny juga meliputi Jamming, Kegiatan Jamming meliputi : noise jamming, sport jamming, barrage jamming, desepsi jamming. Jamming dilakukan pada semua sistem elektronika termasuk sistem komunikasi (sistem kendali tembak, sistem senjata, sistem informasi, sistem penginderaan, sistem Radar, infra red, elektro optikal dan sonar) Peralatan yang digunakan adalah Jammer pada masing-masing sistem, misalnya untuk menjamming sistem kendali tembak digunakan jammer remote control dsb. 




 
Salah satu fungsi ECM Khibiny yang disematkan pada T50Pak Fa

Khibiny sudah dipasang di pesawat Su-30, Su-34, Su-35 dan akan di sematkan pada T50 Pak Fa. Namun, kabar bahwa kapal perang AS Donald Cook diserang oleh jet pembom Su-24 yang telah dilengkapi Khibiny pada April lalu dibantah Rusia sebagai kebohongan dengan alasan Sistem Khibiny belum dipasang di Su-24, jadi ‘serangan’ di Laut Hitam tersebut tidak melibatkan senjata radio elektronik mutakhir ini. |||0|||0

Pages