Wednesday, 29 October 2014

BOOMERANG, KONSEP KENDARAAN ANGKUT PERSONIL MASA DEPAN RUSIA

Foto APC Boomerang.
Setelah Rusia dilengkapi dengan Kapal induk terbarunya. kini Rusia juga mempersiapkan kendaraan angkut personil 8x8 yang sedang di kembangkan Rusia dengan kerahasiaan yang amat tinggi . Kendaraan APC tersebut dikenal dengan nama sandi Boomerang. Kendaraan angkut personil ini akan menjadi dasar konsep  kendaraan tempur militer masa depan Rusia pada tahun 2015. 

Kendaraan pengangkut personel ini disebut-sebut akan berbeda sama sekali dengan kendaraan pengangkut personel modern buatan negara lain. Pada dasarnya konsep yang diusung Rusia dalam membangun APC Bumerang tidak jauh berbeda dengan konsep BTR 90-82 hanya saja konsep tersebut menyempurnakan kekurangan dari APC seri BTR 90-82. Salah satunya adalah mengadopsi penempatan posisi mesin pada bagian depan, sehingga droping pasukan dapat secara aman dilakukan menggunakan pintu belakang.


Boomerang APC

Seri BTR
Berbeda dengan varian sejenisnya seri BTR 90-82, mesin di tempatkan pada bagian belakang dengan droping pasukan menggunakan pintu samping hal inilah yang didinilai beberapa pengamat militer akan mengancam keselamatan pasukan. Selain itu guna menghindari tembakan langsung dan pecahan serpihan granat maka boomerang akan dilengkapi dengan baju baja keramik teknologi terbaru.


Mock up Model Boomerang APC
 
Foto APC Boomerang tampak belakang dengan menampakkan pintu & dua waterjets

Berbicara masalah daya gebernya Boomerang tidak jauh berbeda dengan BTR seri 90-82 yakni di sokong oleh mesin disel turbocharged bertenaga 500hp dengan konfirgurasi 8x8, karena konstruksi boomerang diambil dari BTR maka jelas  dilengkapi kemampuan kemampuan amfibinya dengan menyertakan dua waterjets.

Boomerang dapat mengangkut 10 personil, 3diantaranya berisikan komandan, penembak dan sopir, sedangkan sisanya di isi oleh pasukan. sedangkan pada bagian persenjataan boomerang akan dilengkapi dengan sistem kendali senjata otomatis meriam kaliber 30mm atau meriam kalinber 12.7mm dan senapan mesin koaxsial 7.62 mm serta beberapa peluncur rudal anti tank.

Foto BTR 82
Foto BTR 90
Foto Boomerang
Tampaknya dengan kendaraan ini Rusia berencana untuk membekali militernya agar mampu bergerak cepat dan gesit mirip dengan US Stryker brigade yang sukses mengganyang Irak .|||0|||0