Saturday, 5 July 2014

BTR-82 KENDARAAN ANGKUT PERSONEL VERSI TERBARU DARI KELUARGA BTR

Foto BTR 82
BTR-82 adalah kendaraan tempur angkut personel versi terbaru dari keluarga BTR-80. Ini adalah versi perbaikan dari BTR-80A / S, yang mulai beroperasi kembali pada tahun 1994. rancangan BTR-82 dikembangkan terutama sebagai pelengkap dari rancangan akhir untuk BTR-90, yang pengembangannya sudah lama bermasalah dan mahal. BTR-82 mirip dengan BTR-80A / S tetapi memiliki beberapa peningkatan kemampuan. BTR 82 telah  melewati beberapa serangkaian uji coba pada tahun 2010 dan langsung kemudian masuk dalam fase produksi pada tahun yang sama. BTR 82 resmi masuk memperkuat armada Angkatan Darat Rusia pada tahun 2011. Sejak 2010 Tentara Rusia berhenti membeli BTR-80 APC.  Dengan rancangan terbaru ini membuat negara Azerbaijan dan Kazakhtan kesengsem untuk memilikinya. 

Perlindungan BTR-82 APC sedikit membaik dibandingkan pendahulunya yakni tahan terhadap ledakan ranjau darat dan serangan senjata anti tank, karena interior kendaraan lapis baja dilapisi dengan Spall liner atau bahan semacam armaid fiberglass yang berfungsi untuk mencegah fragmen (spall), atau mengurangi dampak dari ledakan dan pecahan peluru senjata anti tank.  Kendaraan ini juga tetap memiliki perlindungan Nubika, system pemadam kebakaran otomatis, perlengkapan penyamaran, pompa bilge dan winch self- recovery.


BTR-82 dilengkapi dengan Kubah senjata ,  Versi dasar dipersenjatai dengan senapan mesin berat kaliber 14,5-mm dan senapan mesin koaksial 7,62 mm. sedangkan Versi BTR-82A sepenuhnya dipersenjatai dengan meriam caliber 30-mm. Meriam yang sama digunakan pada sejumlah kendaraan  lapis baja Soviet /Rusia dan beberapa helikopter serang. Meriam ini memiliki dua-amunisi  yakni peluru HE-frag (High Explosive - Fragmentation) dan AP-T ( Armor Piercing Tracer) . Jangkauan maksimum tembakan dengan peluru armor-piercing-tracer adalah 2 km (siang) dan 800 m (malam). Sudut elevasi tinggi memungkinkan untuk menggunakan senjata tersebut terhadap sasaran udara yang terbang rendah. sedangkan untuk peralatan Navigasinya BTR 82 dilengkapi dengan perangkat optik thermal ( untuk pengemudi, komandan, Penembak ) , Navigasi Glonas , radio komunikasi, interkom dan waterjet.

BTR-82  diawaki oleh tiga orang (komandan, pengemudi dan  penembak) serta menampung 7 tentara lengkap. Setiap infanteri disediakan lubang port tembak dan periskop untuk membidik. Pasukan dapat menembakkan senjata mereka sebagai bantuan serangan dari dalam lambung Kendaraan lapis baja. penempatan mesin pada posisi belakang adalah salah satu kelemahan utama dari BTR 80, diperuntukkan sebagai kendaraan sergap taktis BTR-82  menggunakan pintu samping untuk menurunkan tentara berbeda dengan kendaraan sejenisnya yang menggunakan pintu di belakang untuk menurunkan tentara.

BTR-82 didukung oleh mesin baru KamAZ 740,14-300 turbocharged diesel, bertenaga 300 hp. Kendaraan ini juga memiliki unit daya tambahan yang disuplai oleh baterai khusus untuk memasok listrik pada sistem tertentu. Selain itu kendaraan memiliki transmisi baru dengan dukungan suspensi yang lebih baik. Selain itu BTR 82 dilengkapi dengan ban anti peluru serta dukungan  teknologi central tire inflation system (CTIS) yang berfungsi  untuk mempertahankan tekanan di ban jika bocor. Kendaraan sepenuhnya amfibi. Pada air yang didorong oleh waterjet tunggal, terletak di belakang lambung dengan kemampuan berenang dengan kecepatan 10km/jam sedangkan kalau menyoal kecepatan BTR-82 di jalanan dapat di geber pada kecepatan 100km/jam dengan jarak jangkau 600km. |||0|||0


Note :
APC = Armored Personnel Carrier (kendaraan lapis baja ringan pengangkut personil)
Bilge pump = salah satu pompa yang fungsinya untuk  membuang air berminyak (oily water) yang ada di  got (bilge) kamar mesin.
winch = sebuah piranti atau alat yang banyak di gunakan untuk menarik beban dengan posisi horizontal 
Water jet =  mesin jet yang menggunakan air sebagai fluida kerjanya
Intercom = merupakan kepanjangan dari intercommunication device atau peralatan komunikasi internal. Interkom merupakan sebuah sistem komunikasi elektronik yang ditujukan untuk pembicaraan, pengumuman, atau proses komunikasi yang terbatas