IRON DOME, MENGENAL SECARA DETIL KUBAH BESI ANDALAN ISRAEL

Foto Kinerja Iron Dome.
Iron Dome merupakan sebuah sistem pertahanan udara taktis yang dirancang untuk mencegat dan menghancurkan roket jarak pendek dan artileri dengan rudal pencegat. Sistem itu diciptakan sebagai sebuah tindakan defensif terhadap ancaman roket-roket Hamaz & Hizbullah yang ditembakkan secara serampangan dan tentu mengancam penduduk sipil Israel.  Sistem tersebut dibuat dengan bantuan prakarsa sang negara adidaya yakni Amerika Serikat.

Iron Dome sebenarnya terdiri dari tiga elemen dasar seperti  radar pencari dan pengendus target (DTR = Detection & Tracking Radar) yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan Pertahanan Israel, ELta. sedangkan  mPrest Systems bekerja sama dengan Rafael bertugas untuk membuat  software dan sistem kontrol senjata (BMC=Battle Management & Weapon Control ) dan terakhir sistem unit  peluncur rudal (Missile Firing Unit=MFU) dengan  tiga alat peluncur yang masing-masing dilengkapi dengan 20 rudal yang diberinama Tamir dibangun oleh Rafael.

Rudal tamir memiliki sayap kemudi serta sensor elektro optik untuk menambah kemampuan manuver  selain itu rudal di lengkapi dengan hulu ledak khusus yang mampu meledakkan benda apapun di udara. Rudal ini memiliki panjang tiga meter dengan diameter 15 cm dan berat 90 kilogramm. 
Foto Iron Dome System

Sistem kerja iron dome terbilang sangat taktis, Setelah radar mendeteksi dan memonitor adanya ancaman roket , maka sistem di dalam BMC akan melihat arah lintasan vertikal roket apakah membahayakan atau tidak jika lintasan roket tersebut membahayakan maka akan dilanjutkan kepada proses inteceptor dengan menembakkan rudal pencegat tamir.

Iron Dome dinyatakan berfungsi dan mulai dikerahkan pada Maret 2011. Pada bulan berikutnya Iron Dome bisa mencegat roket Grad, untuk pertama kalinya, yang diluncurkan dari Gaza.

Keunggulan Iron Dome  terutama terletak pada mobilitasnya yang tinggi , Sistem ini dapat berpindah tempat dalam hitungan jam. Sejauh ini ada empat peluncur dan tiga yang beroperasi. Harga per unitnya diperkirakan mencapai 1,3 juta poundsterling (Rp 19,8 miliar) dan rudal-rudalnya masing-masing berharaga 25.000 pounds (Rp 381 juta).

Pages