7 TEKNOLOGI YANG MENGUBAH METODE PEPERANGAN DI DUNIA

Perang memiliki sejarah yang panjang dari peradapan manusia, namun teknologi peperangan konvensional seperti tombak, busur dan anak panah tidak lagi menjadi andalan dalam medan pertempuran, kemajuan teknologi telah menyebabkan rekayasa besar besaran dan semakin canggih dari tahun ke tahun. berikut adalah tujuh teknologi yang telah mengubah metode peperangan di dunia.

Ilustrasi Foto Ledakan Bom Nuklir

BOM NUKLIR
Bom nuklir adalah senjata yang paling merusak umat manusia. Hulu ledak ini mempunyai daya rusak yang luar biasa dari reaksi ledakan nuklir.
Senjata nuklir atau bom nuklir pertama di dunia dikembangkan oleh fisikawan yang bekerja di Proyek Manhattan selama Perang Dunia II. Proyek manhattan mulai dikerjakan pada tahun 1939 dan menjadi salah satu penelitian rahasia yang paling terkenal pada saat itu. Bom nuklir pertama kali di ujicoba dan diledakkan pada tanggal 16 Juli 1945. test tersebut diberinama Test Trinity di pangkalan udara almogordo di new mexico. ledakan itu menciptakan awan jamur besar dengan daya ledak bom setara lebih dari 15.000 ton TNT.
Pada bulan Agustus 1945, dua bom atom dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki di Jepang. Pemboman secara efektif tersebut itulah yang mengakhiri Perang Dunia II, Sampai saat ini, pengeboman Hiroshima dan Nagasaki tetap menjadi satu-satunya penggunaan senjata nuklir dalam perang.

Foto Rudal Anti Satelit Milik Cina

RUDAL ANTI SATELIT (ASAT)
A-SAT adalah Rudal yang dirancang untuk menghancurkan satelit mata mata ataupun satelit yang digunakan sebagai  transmiter/reciver berbagai drone ataupun rudal canggih lainnya. Selama Perang Dingin, AS dan Uni Soviet keduanya mengembangkan senjata ruang angkasa, karenanya ketegangan politik pun meningkat.
Sementara itu teknologi anti satelit ternyata tidak hanya di miliki AS dan Rusia namun China  tahun 2007 berhasil menguji coba rudal anti-satelit dengan menghancurkan salah satu dari satelit cuaca mati di negara itu.

Foto Refleksi tangkapan radar pada pesawat Stealth

PESAWAT SILUMAN

Seperti namanya Pesawat siluman dirancang untuk membantu pilot menghindari deteksi tangkapan radar musuh dengan cara membiaskan  pantulan gelombang radar selain itu ada beberapa metode lain yang digunakan untuk membuat pesawat siluman diantranya Rekayasa bentuk (shape) seperti bentuk pada F117.Rekayasa material (Radar Absorbant Material) seperti pada U2 (generasi awal). Rekayasa teknologi lainnya : plasma stealth, efek pertama kali muncul di satelit sputnik Rusia, namun untuk pesawat sepertinya masih dirahasiakan. Teknologi siluman dinilai mampu meningkatkan kemungkinan serangan yang sukses, karena musuh memiliki waktu yang sulit untuk mengidentifikasi
Perkembangan teknologi siluman kemungkinan dimulai di Jerman selama Perang Dunia II, tetapi beberapa contoh modern yang paling terkenal dari pesawat siluman Amerika termasuk F-35 Lightning II, F-22 Raptor dan B-2 Spirit
Foto Simulasi Kemampuan Rudal Tomahawk

RUDAL PINTAR

Rudal Tomahawk adalah jenis rudal pintar jelajah jarak jauh dirancang untuk terbang pada ketinggian yang sangat rendah pada kecepatan subsonik, rudal ini digunakan untuk menyerang berbagai sasaran permukaan pada kecepatan sekitar 550 mil per jam (880 km / jam)dengan menggunakan penerima satelit GPS untuk menentukan target secara lebih akurat.
rudal Tomahawk pertama kali digunakan pada Operasi Badai Gurun pada tahun 1991

Foto Kapal Selam

KAPAL SELAM
Kapal Selam adalah kapal yang melandasi teknologi baru dalam perang bawah laut. Pada tahun 1954, Angkatan Laut Amerika Serikat membuat sejarah baru dengan meluncurkan kapal selam pertama bertenaga nuklir bernama Nautilus. Nautilus pun menjadi kapal selam pertama yang berhasil melintasi Kutub Utara pada tahun 1958. Prestasi lain diukir oleh kapal selam Triton yang berhasil mengarungi seluruh lautan di dunia pada tahun 1960. Kapal ini mampu melintasi jarak sejauh 66.970 km dalam waktu 84 hari saja. Bukan hanya Amerika Serikat, Uni Soviet juga mempunyai sekitar 350 kapal selam, dengan sekitar 60 kapal selam yang dipersenjatai rudal balistik.
Saat ini, militer menggunakan kapal selam untuk membawa rudal, melakukan pengintaian, mendukung serangan darat, dan membangun blokade.
Foto penerapan Fly by Wire pada pesawat tempur

FLY BY WIRE

sebuah sistem kendali yang menggunakan sinyal elektronik dalam memberikan perintah, tetapi hal ini tidak berarti hanya menggantikan penggerakan oleh otot manusia diganti oleh pergerakan motor elektris/hidrolis. system fly by wire juga mempunyai komputer untuk mengolah data yang dipasok dari berbagai sensor dibadan pesawat sehingga kadang kadang kinerja system fly by wire secara detail tidak sinkron dengan keinginan operator, system fly by wire paling umum dijumpai pada pesawat terbang.  fly-by-wire sistem secara otomatis dapat membantu menstabilkan pesawat terbang, tanpa bergantung pada input manual dari pilot

Foto Drone Predator yang terkenal di dunia

DRONE 
Drone tempur, atau kendaraan udara tak berawak, memungkinkan pasukan untuk menghabisi musuh tanpa harus berada pada garis depan medan perang. Dengan demikian membantu militer membatasi jumlah kematian tempur.

Dalam militer AS, penggunaan drone sedang berkembang di semua cabang kekuatan operasional. |||0|||0

Pages