Thursday, 8 May 2014

TIANHE-2, TITAN, K COMPUTER, JUQUEEN & ELBRUS GEN2 NAMA-NAMA SUPER KOMPUTER TERCEPAT DI DUNIA

Sebagaimana bunyi Teori Hukum Amdhal yakni Peningkatan kecepatan secara paralel (multiple processor) akan menjadi linear dalam melipatgandakan kemampuan proses sebuah komputer dan mengurangi separuh dari waktu proses yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu masalah Komputasi dengan asumsi mampu merendahkan daya yang dipakai. Teori ini dicetuskan oleh Gene Amadahl yang merupakan desain arsistecture computer IBM.

Atas dasar teori inilah  yang mendasari pembuatan Super Komputer, sesuai dengan namanya komputer ini sangatlah berbeda dengan komputer yang pernah kita liat. Super komputer dibuat agar mampu menjalankan tugas super yang dimana hanya bisa diakses dengan kemampuan kinerja tinggi untuk Perhitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dan keperluan sains Militer adalah salah satu pengguna utama superkomputer.

Berikut adalah 5 negara yang memiliki Super Komputer  di Dunia

Tianhe-2 China
 
Foto Super Computer China Tianhe 2 yang menduduki Strata Tertinggi Super Computer
Superkomputer Tianhe-2 asal Cina merupakan yang paling cepat di dunia saat ini. Tianhe-2 memiliki kemampuan beroperasi secepat 33,86 petaflops per detik (quadrillion perhitungan detik).

Superkomputer Tianhe-2 dikembangkan sendiri oleh Universitas Teknologi Pertahanan Nasional Cina. Tianhe-2 menggunakan teknologi yang hampir keseluruhannya dikembangkan dan dibangun di Cina, kecuali chip komputasi. Untuk chip komputasi, Superkomputer Tianhe-2 menggunakan intel.

Sistem operasi, sistem interkoneksi, prosesor front-end, perangkat lunaknya dan fitur-fitur lainnya dari sistem ini sepenuhnya dikembangkan di Cina.

Super computer ini bertempat di Pusat Super Computer Nasional, di Guangzhou. Perangkat ini mengusung dua prosesor Intel Intel Ivy Bridge Xeon dan tiga chip Xeon Phi per komputer node, dengan total 16.000 node dan 3.120.000 Core.

Tianhe 2 ini juga menjadi pembuktian bagi China untuk mewujudkan komitmennya sebagai salah satu pemimpin di dunia komputasi saat ini. Para pejabat di negara tersebut mengatakan bahwa Tianhe 2 akan digunakan untuk tujuan keamanan. Namun masih belum diketahui detail dan fungsi apa saja yang bisa dimanfaatkan China dari super computer milik mereka ini.

Sejumlah pakar mengatakan, meski Tianhe-2 mampu menghasilkan lebih banyak kalkulasi per detik dibanding otak manusia, tetapi komputer itu tidak sehebat yang dibayangkan.

Otak manusia memiliki sistem pemrosesan data paralel yang jauh lebih canggih, yang memungkinkan untuk mengoperasikan banyak jaringan saraf dalam waktu bersamaan. Sementara komputer hanya bisa melakukan satu penghitungan dalam satu hitungan waktu.

TITAN Amerika
 
Foto Super Computer Amerika Titan yang menduduki Starata tertinggi ke 2
Titan adalah nama yang diberikan kepada super komputer dari Departement of Energy Oak Ridge National Laboratory. Super komputer ini diklaim sebagai super komputer tercepat, sekaligus terbesar di dunia saat ini.

Spesifikasi Titan sangatlah mengerikan. Dia terdiri dari 18.688 node, dimana setiap node terdiri dari 16-core AMD Opteron 6274 processor dan NVIDIA Tesla K20 graphics processing unit (GPU) accelerator. Dan memorinya? Lebih dari 710 Terabyte RAM.

Dengan spesifikasi seperti itu dia mampu melakukan sekitar 20 quadrillion kalkulasi setiap detik. Kemampuannya mencapai 20 petaflops!

Dengan kemampuan kalkulasi dan GPU yang begitu besar, Titan difungsikan sebagai komputer simulasi perubahan iklim, perkembangan sel, dan simulasi berat lainnya. Simulasinya mampu menjelajah akurat sampai ke satuan atom. Titan mampu menghasilkan simulasi yang lebih cepat dan lebih detail bagi peneliti.

Titan terdiri dari 200 kabinet, tiap kabinet sebesar kulkas berukuran besar. Ini membuat besarnya Titan hampir seluas lapangan basket.
 
Belum lagi kebisingan yang diciptakannya. Siapapun yang berada di dekat Titan lebih dari 15 menit, harus menggunakan pelindung telinga khusus jika tidak ingin mengalami kerusakan pendengaran permanent
Komputer ini pernah menjadi yang tercepat di dunia, sebelum digeser oleh Tianhe-2Perangkat ini menduduki posisi ketiga sebagai superkomputer paling hemat daya, dengan menggunakan 8.209 kilowatt.

K Computer Japan
 
Foto SuperComputer milik Japan yang diberinama K Computer
RIKEN dan fujitsu baru saja meluncurkan produk hasil kerja samanya, yakni sebuah super komputer tercepat di dunia. Superkomputer yang memiliki nama K computer memiliki tingkat performa mencapai 10.51 Petaflop, lebih tinggi dibandingkan superkomputer tercepat sebelumnya yang hanya mencapai tingkat performa 8 petaflop.
 
Superkomputer ini dibangun dengan menggabungkan total 88.128 CPU. Di bagian dalamnya, superkomputer ini menggunakan prosesor milik Fujitsu, yakni chip Sparc64 VIIIfx yang memiliki delapan core, TDP 58W dan puncak performa mencapai 12 GFlop pada clock rate 2GHz.
 
Untuk mencapai tingkat performa 10 petaflop, Fujitsu memasukkan beberapa ekstensi yang dikembangkan untuk cluster high performance, yang memungkinkan sebuah aplikasi untuk dapat memanage L2 shared cache CPU 6MB. Selain itu instruksi ini juga memberikan dukungan untuk SIMD, 256 floating point register per core dan meningkatkan kemampuan sinkronisasi hardware inter-core.

Juqueen Jerman
 
Foto Super Komputer Milik Jerman yang diberinama Juqueen
JUQUEEN merupakan nama sebuah superkomputer yang dibangun oleh IBM sebagai vendor, yang ditempatkan di Forschungszentrum J├╝lich, German pada 2012 ini. Superkomputer ini memiliki kemampuan 4,14 FLOPS (merupakan satuan pengukuran kecepatan kinerja suatu mikroprosesor biasanya dalam suatu aplikasi ilmiah). JUQUEEN dibangun dengan mengambil basis desain dari superkomputer komputer Blue Gene / Q dengan dilengkapi tipe prosesor PowerPC A2, dengan berbasis sistem operasi Linux

Juqueen mampu melakukan lima triliun hitungan per detik dari segi bentuk Juqueen bersosok 30 persen lebih kecil ketimbang Jugene atau super komputer yang pernah dibuat sebelumnya dengan menggunakan ukuran processor yang lebih kecil super komputer terbaru ini mempunyai efisiensi energi yang lebih baik
 
Jequeen di pakai jepang untuk melakukan penelitian dibidang teknologi energi, prakiraan cuaca, perkembangan iklim dan cuaca, serta penelitian medis. JUQUEEN dapat membantu kita misalnya memvisualisasikan penyakit otak . selain itu Super komputer ini  membantu  untuk bidang simulasi astronomi dan fisika partikel.

Elbrus Gen 2 RUSIA
 
Mock Up Super Komputer Rusia yang diberinama Elbrus
Sebuah komputer dengan kemampuan pemrosesan 1,2 petaflop tengah dikembangkan di Fryazino, sebuah kota kecil di luar Moskow. Komputer tersebut akan dapat melakukan operasi 1,2x1015 per detik. Saat ini, hanya ada beberapa komputer dengan kekuatan seperti itu di dunia. Menurut Andrey Zverev, Direktur Umum Perusahaan Induk Roselektronika yang mengembangkan teknologi tersebut, fitur utama yang membedakan komputer tersebut dari komputer lain adalah basis komponen kritisnya, termasuk prosesor, akan terdiri dari produk yang dikembangkan di Rusia. Pada tahap pertama, produksi komponen dan mikroelektronik untuk superkomputer ini mungkin akan dilakukan di Asia Tenggara. Namun, semua hak patennya akan menjadi milik Rusia.
 
Seperti yang dikatakan oleh Presiden United Aircraft Corporation, Mikhail Pogosyan, kepada koresponden Rossiyskaya Gazeta, simulasi komputer memberi kesempatan untuk memperpendek dan mengurangi biaya siklus desain dan uji coba penerbangan suatu prototipe dari pesawat tempur T-50 generasi kelima secara signifikan. Tidak lama lagi, uji coba pada superkomputer akan menjadi praktik standar bagi para pengembang teknologi militer nasional.

 
Dari sekian banyak super computer di dunia dengan kedahsyatan komputer tercanggih yang ada saat ini pun masih belum bisa memuaskan keinginan manusia yang bermimpi untuk membuat sebuah Supercomputer yang benar-benar memiliki kecepatan super. Komputer yang nantinya layak untuk benar-benar disebut sebagai Komputer Super ini adalah Komputer Kuantum. Teori tentang komputer kuantum ini pertama kali dicetuskan oleh fisikawan dari Argonne National Laboratory sekitar 20 tahun lalu. Paul Benioff merupakan orang pertama yang mengaplikasikan teori fisika kuantum pada dunia komputer di tahun 1981.
 
Di masa mendatang kita akan menggunakan komputer yang tidak lagi tersusun dari transistor-transistor mini seperti sekarang, Komputer kuantum tidak lagi memerlukan chip komputer yang semakin lama semakin padat karena semakin berlipatgandanya jumlah transistor yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja komputer. Komputer masa depan justru dipenuhi oleh cairan organik sebagai ‘jantung’nya. Cairan organik ini mengandung atom-atom/partikel-partikel yang bisa berada dalam keadaan superposisi tersebut. Ini berarti, kita benar-benar memanfaatkan zat organik alami untuk menjadi ‘kalkulator’ canggih karena ternyata cairan organik dari alam memiliki bakat berhitung! 

Catatan :
1 petaflop = 10 pangkat 15 (1.000.000.000.000.000) flops. Jadi Tianhe-2 bisa melakukan 33,68 x 10 pangkat 15 operasi/detik.
-|||0|||0-