Tuesday, 20 May 2014

RATNIK, PERLENGKAPAN TEMPUR PRAJURIT MASA DEPAN RUSIA

Ratnik atau warrior adalah salah satu program Pemerintah Rusia untuk merancang prajurit tempur masa depan dengan memadukan beberapa kombinasi fiture canggih . fiture tersebut terdiri dari dari 40 komponen, termasuk persenjataan, logam pelindung, perangkat komunikasi dan navigasi, sistem pendukung kehidupan, serta pelindung kaki dan tangan. Ratnik dapat digunakan oleh personil infanteri, operator peluncur roket/senapan mesin, pengemudi kendaraan tempur, dan petugas lapangan lainnya. Seragam tempur prajurit masa depan itu juga tersedia untuk varian musim panas dan musim dingin.

Meskipun " Ratnik " terdiri dari 40 item komponen dan bertotal berat total 20 kilogram, ternyata dengan berat seperti itu seorang prajurit hanya membutuhkan waktu dalam hitungan detik untuk melepaskannya. Ratnik secara dramatis meningkatkan efisiensi unit , misalnya  di daerah-daerah konflik lokal , atau dalam operasi melawan teroris . serta 50 fasilitas produksi Rusia terlibat dalam memproduksi " Ratnik "

 

1. Cloating / Pakaian
Pakaian dibuat dengan menggunakan bahan sintetis anti bakteri yang dapat digunakan selama dua hari tanpa melepasnya. Salah satu basis teknologi untuk menciptakan material baru tersebut adalah sistem pembuatan kain yang sangat halus menggunakan electrospinning. Bahan tersebut dapat menyamarkan sekaligus melindungi para tentara, tanpa mengurangi kemampuan tempur merek. Menteri Industri dan Energi Saratov Oblast Sergey Lisovsky menjelaskan, para ilmuwan Saratov sedang merancang material canggih yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti melindungi tubuh tentara dari ledakan senjata api dan menyamarkan kehadiran tentara dalam spektrum radiasi tertentu. Sistem Ratnik juga memiliki fitur serupa. Pakaian pelindung Ratnik dapat memblokir radiasi dalam spektrum ultraviolet dan inframerah, sehingga tentara tak akan terlihat oleh sensor termal. Kini, ilmuwan tengah menyusun material yang dapat memperkuat fitur tersebut.

2. Reconnaissance and Navigation System / Perangkat Pengintaian dan Sistem Navigasi
Untuk perangkat pengintaian rusia melengkapi tentaranya dengan teropong inframerah, compas, Glonass, peralatan pendeteksi ranjau, Helm kamera Multi Fungsi dll

3. Communication system / Sistem Komunikasi
Sistem komunikasi rusia mengintegrasikan antara navigasi satelit GLONASS dengan media penerima transmisi informasi  guna memudahkan dalam mengintegrasikan pasukan dan pelacakan pasukan

4. Individual First AId Kit / Pelatan Medis
perlengkapan standar keselamatan yang berisi berbagai macam obat-obatan, serta peralatan medis inovatif untuk para prajurit yang terluka dalam latihan tempur ataupun pertempuran yang mengakibatkan cedera. 

5. Weapone / Persenjataan
Persenjataan Rusia  berencana melengkapinya dengan varian AK12 terbaru dengan alat bidik thermal inframerah yang terintegrasi dengan Helm Berkamera sehingga bisa dengan mudah menembak pada sudut yang sulit sekalipun tanpa harus menembak secara konvensional atau  sejajar dengan tubuh 

6.7. Water & Food Rations / Ransum Makanan dan Minuman 

8. Spesial Element/ Peralatan Pendukung Utama 

Terdiri dari bayonet, magazen, dan peralatan pendukung penting lainnya biasanya di tempatkan pada bagian yang mudah di gapai oleh tangan.

9. Individual pretection means / Perlindungan Diri Tambahan
seperti Mask Gas, Sarung Tangan, syal dan sebagainya

10. 11. Modular Bag Equipment & Camping Equipment
terdiri dari tas modular besar yang bisa di isi dengan berbagai perlengkapan tempur pendukung seperti Drone Portable (iskatel) dan alat komunikasi canggih lainnya serta yang paling tidak ketinggalan adalah Perlatan camping seperti sleeping bag dan lain sebagainya.

Ratnik telah diuji coba pada pelaksanaan latihan Caucasus-2012, juga diuji coba di Alabina yang berada di luar Moskow.Perlengkapan standar Ratnik pertama kali dipakai Rusia untuk menduduki krimea pada 26 Februari 2014. |||0|||0