Saturday, 31 May 2014

KORVET F511 & FRIGAT F-512 KELAS MILGEM, KAPAL PERANG TERBARU NEGARA TURKI

Foto Korvet Kelas Milgem F511 Heybeliada
"Milgem" adalah program kapal perang nasional Turki yang meliputi Delapan korvet kelas ADA dan empat frigat kelas F100 sesuai rencana akan selesai pada tahun 2020.

Korvet dalam project ini memiliki kemampuan multi misi serta dukungan teknologi canggih lainnya seperti mampu melakukan pencarian, penyelamatan, patroli, observasi amfibi dan operasi perang anti-kapal-Pesawat. Dua kapal pertama dibangun pada galangan kapal Shipyard Command Istanbul dan kapal yang tersisa akan dibangun di galangan kapal lainnya di negara Turki. 

Sistem Radar dan Manajemen Tempur, Kelas ADA pada Project Milgem

Korvet milgem dibuat dengan struktur lambung baja komposit yang mampu menyembunyikan dari tangkapan radar baik inframerah, magnetik ataupun radar akustik. Konsep dan desain profil Milgem mirip dengan kapal tempur pesisir (LCS-1) yang dikembangkan oleh Lockheed Martin.
 
Selain itu Korvet juga dilengkapi dengan sistem menejemen kontrol dan pertempuran terpadu UNIMACS 3000, sistem ini terbagi menjadi dua yakni sistem menejemen daya (IPMS) yang berfungsi sebagai memonitor sistem kontrol mesin, sistem pembantu dan pembangkit tenaga listrik termasuk juga didalamnya sistem deteksi kebakaran, pemadam kebakaran dan sistem kontrol Kerusakan, sistem CCTV dan sistem kontrol stabilitas. sedangkan sistem berikutnya berfungsi sebagai sistem Komando manajemen tempur yang didalamnya terdiri dari  konsol operator (OPCON) dan konsol taktis (Tacon).
 
Dalam menunjang daya gempurnya Korvet dilengkapi dengan kombinasi diesel dan gas (CODAG) yang terdiri dari gas-turbin dan dua mesin diesel dengan semburan tenaga sekitar 30.000 kW. Jika di konversi maka kapal ini dapat melesat pada kecepatan maksimum 29kt.

Keberhasilan Turki membangun kapal perang canggih membuat AL Kanada, AL Pakistan, AL Ukraina dan angkatan laut dari negara-negara Amerika Selatan telah menunjukkan minatnya terhadap kapal perang kelas Milgem.

Karakteristik:
Berat Kapal dalam Muatan Penuh : 2300 tons
Ukuran Kapal : 99 x 14.4 x 3.75 meter
Kecepatan dan Jarak Jelajah : 15 knots @3500 Miles  up to 29+ knots maximum
Awak Kapal : 93 orang termasuk operator helicopter

Persenjataan :
Meriam Oto Malera Caliber  1 x 76mm dan Meriam Aselan Caliber 2 x 12,7mm with electro optik
Rudal Anti Permukaan:  8 x Harpoon SSM
Rudal Anti Pesawat  :Mk-144 Guided Missile Launcher: 21 x RAM SAM
Torpedo : 2 x 324 mm Mk 32 triple launcher for Mk 46 Mod 5; anti-submarine torpedoes.
Helicopters: 1 x S-70-B2 Seahawk OR UAV

Sensors:

Radars: SMART-S Mk2 3D air/surface search; Sting fire control; ALPER navigation
Sonars: Search/attack
Other: ASELFLIR 300D, ARES-2N ESM system

Catatan : 
TCG Heybeliada (F-511)diluncurkan 27 September 2008 dan mulai bertugas pada 27 September 2011
TCG Büyükada (F-512)diluncurkan 27 September 2011 dan mulai bertugas pada 27 september 2013    



Korvet merupakan jenis kapal perang yang lebih kecil dari fregat dan lebih besar dari kapal patroli pantai, walaupun banyak desain terbaru yang menyamai fregat dalam ukuran dan tugas.