SENAPAN MESIN RINGAN T75 LMG TAIWAN

Pada tahun 1980-an Pemerintah Taiwan melakukan suatu terobosan dalam meningkatkan jumlah senjata tempurnya untuk memenuhi kebutuhan militer sekaligus mengurangi ketergantungan pada impor senjata dari negara asing. Keinginan negara Taiwan yang begitu besar untuk memproduksi senjata lokal mendapat dukungan penuh dari segenap jajarannya dengan membeli lisensi dari senapan mesin ringan FN minimi untuk didesain secara ulang, namun tampaknya ada sumberlain yang mengatakan bahwa Taiwan menduplikatnya tanpa izin dari pemerintah Belgia sebagai owner dari FN Minimi. 
T75 LMG Taiwan

FN Minimi

Sebut saja senapan mesin kontroversi tersebut adalah T75 LMG. Senapan mesin ini diklaim Taiwan dibuat dan didesain sejak tahun 1983 dan mulai masuk layanan resmi  sebagai senjata otomatis standar negara Taiwan pada tahun 1992. Secara desain senapan T75 LMG Taiwan tidak berbeda dengan senapan asal belgia yakni FN Minimi. Salah satu fitur kunci yang membedakan FN mini dengan T75 adalah pada bagian Bipod T75 yang menggunakan gaya khas Bipod sepanan mesin M60 Amerika. 

Senapan mesin T75 terbuat dari baja ringan tahan karat serta mengusung peluru kaliber 5.56mm standar NATO dengan mekanisme tembakan bolt terbuka dan sistem operasi gas. Senapan mesin T75 Taiwan mempunyai total berat kosong 6.7 kg dengan panjang 1.11 meter. 

Sementara untuk pengisian peluru Senapan Mesin ini menggunakan sistem dual feed purpose, yaitu sistem pengisian yang mampu menerima sabuk peluru (belt sistem) dan magasen (namun dengan kode STANAG seperti milik M-16)  jika menggunakan belt sistem senapan ini mampu memuntahkan peluru dengan kecepatan rata-rata 600-900 round/menit namun jika menggunakan magasen maka kemampuannya 30 round/box magasen. Sementara untuk sistem pembidik, T75  menggunakan pembidik yang sama seperti FN MAG penjera drum dengan pisir bentuk daun dengan jarak efektif tembak sejauh 800meter.

Terlepas dari mana asal usulnya Senapan mesin T75 ini didasarkan pada FN Minimi yang mempunyai fitur yang lebih modern. T75 ini sedikit lebih berat tapi lebih pendek dari Minimi.

|||0|||0 to Download
 
Specifications for the T75 LMG (Type 75)
Negara  : Taiwan
Manufacturer : Hsing-Ho Factory
Berat :  7.5 kg dengan Bipod
Panjang : 1050mm (41.34in)
Peluru  : 5.56x45mm NATO
Kaliber :5.56
Mekanisme : Sistem Gas dan Bolt Terbuka
Rata² tembakan :800 butir / menit dengan belt sistem (sabuk amunisi)
Jarak efektif : 800 meter

Pages