HSUN HAI CLASS CORVETTE, KAPAL CEPAT SILUMAN BUATAN TAIWAN

Baru-baru ini Taiwan merelease kapal stealth terbaru, diberinama Corvett Kelas Hsun-Hai yang dikembangkan secara rahasia oleh Naval Shipbuilding Center, di Kaohsiung Taiwan.  Corvette ini dipersiapkan Taiwan untuk menghadapi ancaman Armada Laut Negara China yang pada dekade terakhir mununjukan eksistensinya secara signifikan.

Mockup corvett Hsun-Hai Class Tampak Samping
Mockup Corvett Hsun Hai Class Tampak Depan

 

Banyak ahli beranggapan bahwa Corvette Hsun-Hai dibuat atas dasar gabungan dari Bahan yang sama dengan Corvett Visby sedangkan desain diambil dari Gabungan desain kapal Cepat Rudal china Kelas Houbei dan Skjold Class milik angkatan Laut Norwegia.


Hsun-Hai class mengusung konsep Catamaran dengan Hull Ganda kemudian dibalut dengan bahan Refractive Material atau bahan yang dapat mengecoh gelombang radar sedangkan dari desain/bentuk kapal  dibuat agar memiliki pantulan radar rendah atau yang biasa disebut radar cross section ( RCS ). 


Foto Pantulan RCS & Karakteristik

Fungsi Refaktive Material
Mempunyai panjang 60.4 meter dan lebar 14 meter corvette ini dapat digeber pada kecepatan maksimum 38knot (70 kilometer per jam) dengan kemampuan jarak tempuh operasional 2.000 mil laut sedangkan untuk pengoperasian diawaki oleh 41 orang awak kapal. Kecepatan dan fitur silumannya dari corvett ini memungkinkan kapal dapat mendekati target musuh tanpa terdeteksi.

Berbicara mengenai sistem persenjataan, corvette dilengkapi dengan rudal super sonik Hsiung Feng III (HF-3) yang diletakkan pada lambung kapal,
pada bagian haluan depan dipercayakan pada senapan mesin koaksial kaliber 76mm kemudian untuk mengantisipasi target udara atau rudal anti kapal dilengkapi dengan Phalanx CIWS kaliber 20mm. Dalam menunjang operasi anti kapal selam corvett juga dilengkapi dengan deck Helikopter yang bisa mengangkut helikopter jenis S-70C Sikorsky. Sedangkan untuk Radar dan sistem manajemen tempur lainnya akan dipercayakan Taiwan kepada Chungshan Institute of Science and Technology  bahkan negara Amerika menunjukan minatnya dalam menyuplai radar dan sistem terintegrasi lainnya namun Taiwan bersikeras bahwa corvette ini akan dibangun secara mandiri oleh Taiwan.

Negara Taiwan dalam waktu dekat akan menggunakan Corvette ini pada tahun 2015 menggantikan setelah serangkaian ujicoba selesai dilaksanakan dan akan menjadi ancaman bagi Kapal Induk negara china. |||0|||0 to download

Pages