Monday, 10 March 2014

GAZ VODNIK MOBIL PATROLI TEMPUR RUSIA

Konflik lokal beberapa dekade terakhir telah mempengaruhi visi kendaraan militer ringan masa depan, salah satunya menciptakan Mobil Patroli tempur yang gesit, lincah, proteksi yang bisa dihandalkan dan mampuni melahap segala medan.  Dalam menciptakan sebuah mobil patroli tempur ringan diperlukan spesifikasi khusus yakni mengacu pada transmisi AWD (All Wheel Drive) berkekuatan minimal 25HP/Ton, dilengkapi dengan suspensi independen mengadopsi velg besar anti ranjau, berpelindung baja ringan namun kuat terhadap gempuran senapan mesin atau sistem rudal ringan dan mampu membawa berbagai senjata yang bisa menyesuaikan medan pertempuran. 

GAZ VODNIK yang dilengkapi dengan Senapan Mesin

Salah satu dari sekian banyak yang bisa menjawab tantangan ini adalah Mobil Patroli tempur Vodnik Buatan GAZ (salah satu produsen mobil militer asal Rusia) sedangkan Vodnik diambil dari salah satu mitologi slavia yang berarti Monster amfibi bertubuh manusia berwajah katak, sesuai dengan arti namanya  kendaraan inipun tidak seperti kendaraan yang ada di kelasnya, bahkan terbilang unik dan bisa dikatakan mampu melahap segala macam rintangan.

Vodnik pada dasarnya di dukung oleh mesin diesel Gaz 562 turbocharged berpendingin udara berkekuatan 175 Hp dengan sistem transmisi AWD ber chasis 4 x4 atau yang biasa disebut juga dengan Full-Time 4WD. Pada sistem ini ke-4 roda tidak ada saling ketergantungan (independent) sedangkan distribusi power diatur oleh cpu (komputer) sebagai pengendali traksi otomatis dan sistem ini diklaim paling ampuh melahap semua medan baik on road ataupun off road dengan kecepatan maksimal 112km/jam, bukan hanya itu saja  Vodnik juga mampu berenang di air dengan mengandalkan bagian lambung vodnik yang kedap udara sedangkan untuk melaju di air  vodnik di dorong oleh roda dan waterjet tunggal.  


 
Fungsi Amfibi Gaz Vodnik

Vodnik di desain secara modular yang dapat di ganti dan disesuaikan dengan medan pertempuran seperti modul depan mengakomodasi driver sedangkan modul belakang bisa di gunakan untuk menggotong berbagai sistem senjata termasuk senapan mesin berat dan mortir caliber 120-mm atau bisa di gunakan untuk mengangkut 10 pasukan dan muatan kargo serta peralatan khusus lainnya. Dalam menahan daya gempur Vodnik dilapisi oleh Baja Ringan milik BRDM-2 dan BTR-80 yang diklaim masih sangat ampuh memberikan perlindungan dan menahan tembakan senapan mesin ataupun serpihan artileri, kemudian kendaraan ini juga dilengkapi dengan velg anti ranjau serta perlindungan opsional lainnya terhadap senjata infanteri berat dan fragmen artileri.

Penggunaan Mobil ini sangat cocok untuk misi pengintaian, patroli pengawalan, SAR dan unit penegakan hukum lainya. Vodnik pertama kali terlihat pada tahun 1995 dan Sejumlah kecil pra-produksi untuk percobaan dan pengujian, meski vodnik tergolong lama namun saat ini rusia masih mengoperasionalkannya. |||0|||0 to Download