Thursday, 13 February 2014

IMPLAN OTAK UNTUK PRAJURIT TEMPUR AMERIKA (CYBORG BRAIN)

Kecanggihan dan kehebatan teknologi militer Amerika tidak terlepas dari peran DARPA yakni  sebuah lembaga dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat  yang bertanggung jawab untuk pendanaan pembangunan Teknologi baru untuk kepentingan  militer Amerika diantaranya adalah dominasi teknologi mulai dari udara, darat, laut, dan teknologi ruang dari berbagai disiplin ilmu.

Kali ini Darpa untuk kesekian kalinya mencoba menggemparkan dunia dengan teknologi terbarunya yakni Implan Otak untuk prajurit . Implan otak berfungsi untuk mengembalikan kenangan atau memori yang hilang dalam otak jika prajurit tersebut mengalami cedera kepala dalam bertugas ataupun dalam pertempuran

Dari segi teknisnya Implan ini akan dipasang dan di benamkan kedalam otak seorang prajurit untuk merekam peristiwa yang sedang berlangsung. Dalam kasus cedera otak implan pada dasarnya akan melakukan system restore , memberikan kenangan kembali . Darpa menamakan Project ini  dengan sebutan RAM ( Restoring  Active Memory ) , saat ini DARPA sedang mencari rekanan dari perusahaan yang cocok dalam bidang tersebut salah satunya adalah Medtronic, Perusahaan ini sebenarnya sudah melakukan penelitian tentang implan otak tahun lalu untuk mengobati penyakit Parkinson dengan cara mengirimkan sinyal-sinyal listrik langsung ke otak .

DARPA mengatakan:
Impan berfungsi menguraikan sinyal yang dikirim otak kepada Implan berupa kenangan dan peristiwa yang berlangsung, hanya saja kami harus mempelajari sinyal-sinyal ini dan darimana mereka berasal, kita tahu bahwa kenangan/ingatan pada dasarnya diserap menggunakan protein mRNA kemudian di distribusikan kepada Neuron otak.

MRNA(Messenger-RNA) adalah RNA yang merupakan hasil transkripsi DNA dan menjadi perantara pembawa urutan protein dalam proses translasi.  kemudian disebarkan melalui neuron/sel saraf yang  merupakan satuan kerja utama dari sistem saraf fungsinya adalah  menghantarkan impuls listrik yang terbentuk akibat adanya suatu stimulus (rangsang). Jutaan sel saraf kedalam Otak dan koneksi ini membentuk kenangan . Implan ini difungsikan merekam proses itu dan otak akan menterjemahkannya kedalam suatu ingatan / kenangan yang telah terjadi. 


Ujicoba Implan Otak pada Tikus


Ujicoba Implan Otak pada Kera dan mengintegrasikannya pada Tubuh Virtual

Teknologi semacam ini ternyata bukan hanya Amerika, tapi ternyata Israel sudah lebih dahulu membuat implan otak (cyborg Brain) dan mengujicobanya pada seekor tikus, kemudian di susul Amerika dengan membuat implan otak dari seekor monyet dan menginteraksikannya kepada tubuh virtual seperti layaknya film AVATAR.

Namun, Jika teknologi sampai ke titik tersebut, ini merupakan sebuah terobsan teknologi  seperti layaknya film fiksi ilmiah yang akan menjadi kenyataan, bahkan kalau terwujud tidak ada lagi kata belajar cukup memplugin database ke otak maka akan secara otomatis  terhubung ke otak  tanpa perlu belajar secara konvensional dan Darpa mengklaim tidak ada lagi istilah orang bodoh di dunia bahkan Implan otak menjanjikan banyak hal , dari memerangi degradasi mental yang disebabkan oleh usia dan penyakit , untuk meningkatkan output dan juga bisa memiliki efek besar untuk obat-obatan,  terutama dalam mengobati penyakit yang mempengaruhi memori , seperti Alzheimer .|||0|||0