Monday, 10 February 2014

ADS SENAPAN SERBU AMFIBI BUATAN RUSIA

Spionase tampaknya sudah mendarah daging bagi Rusia dan selama beberapa dekade Uni Soviet sekarang Rusia telah banyak mengirim pasukan Divers alias " pasukan katak " pada misi rahasia, untuk menyusup pada komplek militer negara-negara lain dengan menggunakan pelabuhan bahkan kapal selam mereka sebagai gateway. 
Gambar Stan Rusia pada Pameran Interpolitex 2013 di Moscow Rusia

Karena sifat agresif inilah satuan khusus Rusia yakni spetnaz dan pasukan kataknya dibekali dengan senjata khusus dalam mendukung pertempuran bawah air seperti APS yang dikembangkan oleh Vladimir Simunov pada pertengahan tahun 1970 tetapi senapan ini masih dirasa kurang karena APS hanya akurat jika ditembakan di dalam air tetapi tidak bisa di tembakan diatas air.

kemudian APS dikembangkan lagi oleh Prof. Yuri Danilov menjadi ASM DT (dual Magazine) pada tahun 1991. Senapan ini menggunakan peluru Jarum dari senapan APS untuk pertempuran bawah air dan menggunakan peluru standar senapan serbu Rusia caliber 5.45mm pada pertempuran darat.  Namun, karena perbedaan mekanisme tembakan mengakibatkan peluru hanya efektif di tembakan 50 meter pada permukaan dan sangat efektif jika di tembakan di bawah air.


ADS, ASM DT dan APS

Rupanya ilmuan Rusia masih belum puas terhadap senjata amfibinya (ASM DT) setelah beberapa kali melakukan penelitian akhirnya terpecahkan oleh seorang peneliti Rusia bernama Vasily Gryazev  yang memiliki gagasan dan konsep pembuatan senapan serbu amfibi terbaru yang sekarang di kenal dengan ADS (Avtomat Dvukhsrednyy Spetsial'nyy)  pada penelitiannya Vasily Gryazev lebih mengutamakan akurasi diatas air dan mengandalkan daya muntahan peluru sebanyak 700rpm di dalam air.  senapan ini dirancang dan dikembangkan lagi oleh rekan-rekan dan mahasiswa yang bekerja Central Design and Research Bureau for Sports and Hunting Weapons (pusat penelitian dan pengembangan senjata sipil yang khusus di peruntukan untuk keperluan olah raga menembak dan berburu) bagian dari KBP Instrument Design Bureau yang bertempat di TULA, Rusia.  Sebenarnya KBP di Tula tidak terlibat dalam penelitian pengembangan (non militer) akan tetapi ini hanya digunakan untuk membingungkan mata-mata sejak zaman Uni Soviet.

ADS Characteristics

Dilihat dari  desain senapan amfibi ADS ini sangat berbeda dari senapan Rusia pada umumnya seperti varian AK tapi lebih mirip dengan struktur senapan Bullpup dengan konfigurasi dimana mekanisme dan magazine terletak di belakang pelatuk. Konfigurasi seperti ini meningkatkan perbandingan panjang laras terhadap panjang total senapan, memungkinkan membuat senapan yang larasnya sama dengan laras senapan biasa, tapi total panjang senapan lebih pendek. Keuntungannya selain lebih pendek, juga relatif lebih ringan, bahkan Rusia menggunakan material komposit dan anti korosi terhadap senjata ini . Regulator gas juga ditambahkan ke dalama sistem gas, untuk memudahkan peralihan dari mode tembak di dalam air ke mode biasa atau sebaliknya. ADS memiliki cartridge yang unik, berukuran sama dengan amunisi standar senapan serbu. Tujuan pengembangannya tentu saja agar senapan ini mampu beroperasi di dalam air ataupun didarat. ADS menggunakan Amunisi caliber 5,45 mm. Selain itu juga dilengkapi dengan peluncur granat  yang terletak di bawah laras VOG-25 dan VOG-25P 40mm. Senapan ini juga bisa dicanteli  dengan berbagai optional lainnya seperti peredam, bayonet dan sight (teleskop).

Sebenarnya kunci dari keberhasilan senjata ADS terletak pada penggunaan Peluru dengan kaliber sama seperti senapan serbu pada umumnya, hanya saja menggunakan teknologi berbeda, peluru senapan ads menggunakan sabot (mirip dengan senjata anti tank). peluru semacam ini dipercaya ilmuan Rusia dapat mendongkrak kecepatan laju peluru di dalam air.

Senapan ADS pertama kali dimunculkan ke publik pada pameran Interpolitex akhir 2013 di Moskow Rusia dan waktu dekat akan diaplikasikan secara menyeluruh kepada pasukan khusus dan pasukan angkatan laut Rusia menggantikan senapan APS/ASM DT.  |||0|||0

Catatan :
ADS 2013
Avtomat Dvukhsrednyy Spetsial'nyy
dual-medium / amphibious / underwater assault rifle
Senapan Serbu Amfibi, satu magazine berpeluru Konvensional kaliber 5.45 x 39mm diatas air dan dibawah air 

ASM DT 1991
Avtomat Spetsial'nyy Morskoy Lev dvukhsrednyy, podvodnyy)
experimental 'dual-medium' or amphibious assault rifle
Senapan Serbu Ekperimental dengan Dua Magazine peluru kaliber 5.45 x 39mm (Peluru Jarum ) dibawah air dan 5.45 (Peluru Konvensional) diatas air

APS 1970
Avtomat Podvodny Spetsialny
Special Underwater Assault Rifle
Senapan Serbu khusus bawah air dengan satu magazine peluru kaliber 5.56x 39mm (peluru jarum)