Friday, 17 January 2014

DETASEMEN K9 SATUAN ELIT KHUSUS TNI & POLRI

Tentara Amerika pada perang Iraq
Mungkin tidak banyak yang tau apa itu Detasmen K9..? berbeda kalau di tanya mengenai detasmen 88 Polri atau Detasmen 81 Gultor pasti sudah banyak yang tau . Sebenarnya Detasmen K9 tidak kalah hebatnya dengan dua detasmen tersebut,  namun detasmen ini mempunyai kelebihan tersendiri  yang tidak di punyai oleh satuan lain.

Menggunakan Kavelar Anti Peluru, Berbadan tegap, bertinggi sekitar 70 centimeter, mulut terbuka, lidahnya terus menjulur, berbulu kuning kombinasi hitam blasteran jerman inilah ciri ciri fisik dari anjing pemburu dari Datasmen K9, Sebenarnya K9 adalah istilah untuk anjing yang dilatih khusus untuk membantu polisi /militer dan penegak hukum lainnya.

Arti kata Ca-nine/K-9 berasal dari kata Yunani Canineae familyae selanjutnya disebut keluarga Canis/Srigala, jenis binatang buas yang memiliki susunan gigi geligi pemotong daging, terletak persis dibelakang taring. Jenis-jenis anjing yang ada saat ini adalah keturunan srigala yang telah melalui proses rekayasa Genetika.

Dalam berbagai yuridiksi Anjing K9 sangat-sangat dihargai jasanya ini terbukti pada setiap yuridiksi melukai atau membunuh dengan sengaja anjing K9 adalah kejahatan besar, selain itu, biasanya seekor anjing K9 yang meninggal akan dimakamkan layaknya seorang perwira polisi/militer, lucunya Tiap anjing punya gaji dan budjet tersendiri bak seorang polisi/tentara tetapi gaji yang di terima bukanlah uang melainkan pemenuhan kebutuhan gizi serta perawatan kesehatan dan ketika pensiun anjing anjing K9 diberikan hak adopsi kepada masyarakat umum yang ingin memilikinya.

Kegunaan anjing K9 dalam Penegakan Hukum dan SAR :
 

Sparinger Spaniel


Anjing K9 difungsikan sebagai alat menegakkan ketertiban umum dengan cara yakni mengejar dan menerkam tersangka, atau menahan gerakan tersangka dengan cara menakuti langsung atau metode yang dikenal sebagai "Bark and Hold". Anjing German Shepherd dan Argentine Dogo adalah yang paling sering digunakan karena banyaknya kemampuan mereka.

Search and Rescue dog (SAR) - anjing ini digunakan untuk menemukan tersangka atau menemukan orang atau benda yang hilang. Anjing pelacak sering digunakan untuk tugas ini.Di banyak negara, Ras Anjing Beagles digunakan di bandara untuk mengendus bagasi untuk barang yang tidak diizinkan, karena sifat ramah dan penampilan yang jinak, Anjing Beagle tidak menakuti penumpang. Beberapa anjing juga secara alamiah dapat mengendus kebocoran gas dan dapat digunakan di masa depan. Ras Bouvier des Flandres adalah salah satu keturunan yang mampu melakukan hal ini. Seekor anjing ras Bouvier pernah mengendus sebuah kebocoran propana di dapur majikannya. selain itu Anjing Ras Kadaver adalah anjing terlatih dalam mendeteksi bau mayat membusuk. Hidung anjing sangat sensitif hingga mereka mampu mendeteksi benda yang berada di bawah air. Penelitian ini dilakukan oleh Dr Debra Komar (University of Alberta)

Kegunaan anjing K9 dalam Militer


Anjing Ras Belgian Melinois dalam Perang Iraq

Dalam Pertempuran Anjing K9 dapat Pengendus dan mendeteksi bahan peledak - Beberapa anjing dapat digunakan untuk mendeteksi zat terlarang seperti obat-obatan atau bahan peledak yang digunakan atau dibawa seseorang.

Selain itu Anjing juga difungsikan sebagai Unit Patroli garda Depan dan Sebagai Kurir Pesan Rahasia – pada perang dunia I sekitar tahun 1914-1918 anjing di gunakan oleh pasukan Internasional untuk menyampaikan pesan penting. Sekitar satu juta anjing meninggal dalam peperangan ini, bahkan anjing Bull terrier adalah anjing yang pertama di dunia yang diberi pangkat Sersan ketika ia menemukan , menangkap , dan memberitahu Sekutu adanya mata-mata Jerman. Beberapa anjing utusan juga melakukan pekerjaan komunikasi lainnya , seperti menarik kabel telepon dari satu lokasi ke lokasi lain .

Anjing Sebagai alat  Intimidasi  dan Introgasi– Pada Perang Irak 2003-2011 tentara AS menggunakan Anjing Sebagai alat Intimidasi untuk mengintrogasi para tahanan di Penjara-penjara Irak 

 
Tipe Ras anjing dengan beberapa kemampuannya :
Argentina Dogo( Melindungi Petugas, Anjing Penyerang, Pengendus Bom, Makanan dan Obat-obatan


 German Shepherd (Melindungi Petugas, Anjing Penyerang, Pengendus Manusia & Obat)


Belgian Malinois (Melindungi Petugas, Anjing Penyerang)

Boxer Dog (Melindungi Petugas, Anjing Penyerang)

Labrador Retriever (Mengendus Bom & Obat-Obatan)

Doberman Pincher (Melindungi Petugas & Anjing Penyerang)

Sparinger Spaniel (Pengendus Bom & Obat-Obatan)

Bloodhound (melacak Kriminal, pengendus Bom & obat-obatan)

Beagle (Mengendus bom, Obat-Obatan & Makanan)

Rottweiler (Melindungi Petugas, Anjing Penyerang)

Gian Schnauzer (Melindungi Petugas, Anjing Penyerang)

Detasmen K9 di Indonesia
Salah satu contoh peranan Unit K9 Indonesia yang paling heroik adalah Keberhasilan Satuan Tugas K-9 Polri dalam Tugas Bantuan Taktis Tempur Operasi penumpasan D.I./T.I.I. Operasi GPK Aceh, Operasi Seroja, pembebasan sandera Mapanduma Papua dan pengamanan pengungsi perang Kamboja di pulau Galang dan tugas Kepolisian untuk pelacakan jejak para pelaku kriminal.
K9 Indonesia Rottweiler & Shepherd

 

Di Indonesia K-9 merupakan anjing yang tergabung dalam satuan unit satwa Kepolisian Indonesia. Ada 141 ekor anjing di Direktorat Kepolisian Satwa Polda Metro Jaya dan 547 ekor dari sejumlah Polda di Indonesia. Sekarang Satuan TNI juga mengadopsi K9 namun yang di gunakan tidak di ketahui jumlahnya

semua anjing di K-9 Polri/TNI merupakan ras unggulan seperti German Shepherds, Rottweilers, Doberman Pinsher, Belgian Malinois, Weimaraner, Biggel dan Foxterrier. Anjing K-9 sudah pernah mengamankan even luar negeri, seperti kedatangan Presiden AS, Barack Obama serta even internasional di Bali.

Di Indonesia Anjing K9 tersebut maksimalnya hanya bertugas tujuh tahun, setelah itu pensiun karena usia sudah tua. Mereka dilatih saat berumur 1 sampai 1,5 tahun, digunakan hingga lima tahun ke depan. Kemudian dicek kembali, kalau masih bagus bisa diperpanjang sampai 7 tahun.

Pembagian Tugas Satuan Anjing K9 di Indonesia

  1. Anjing Dalmas  adalah anjing yang di latih khusus untuk pembubaran atau menghalau masa,bersama-sama dengan subdit Dalmas. Existensi K-9 akan sejalan dengan perkembangan zamannya khususnya dalam Situasi Kondisi Ancaman Teror Massa Anarkis maka Manuver-manuver Gerakan Taktis Formasi K-9 Riot Control/PHH, akan sangat berguna untuk memecah kerumunan , mendorong dan mencerai beraikan kerumunan massa menjadi kelompok yang lebih kecil sehingga lebih mudah dikendalikan.
  2. Anjing pelacak Krim Um adalah anjing yang dilatih khusus untuk melacak pelaku tindak pidana kriminal umum,untuk membantu penyidik dalam penyelidikan suatu tindak pidana criminal umum.
  3. Anjing Pelacak HanDak adalah anjing yang dilatih khusus untuk mendeteksi/sterilisasi bahan peledak,dalam pelasanaan tugasnya bergabung dengan team Jihandak/Gegana.
  4. Anjing Pelacak Narkotik adalah anjing yang dilatih khusus mendeteksi dan operasi narkotik dalam tugasnya bergabung dengan satuan reserse dan bnn.

Walaupun sekarang berbagai alat mekanik berteknologi sangat canggih yang dibuat manusia untuk membantu tugas pekerjaannya, namun satuan anjing pekerja masih sangat dibutuhkan dan semakin dikembangkan penggunaannya dalam tugas yang sangat khusus dan spesific.

Terakhir kalau ada ungkapan bijak yang mengatakan “anjing adalah sahabat terbaik manusia” karena kesetiannya mengikuti, menemani sekaligus menjadi pelindung bagi majikan atau pawangnya adalah sangat tepat dan benar. III0III0