BMPT 72 TERMINATOR 2, SEQUEL TERBARU SANG BODY GUARD TANK UTAMA RUSIA

BMPT-72 atau dikenal sebagai Tank Terminator 2 adalah sequel lanjutan dari tank terminator yang resmi di luncurkan pada pameran Industri Pertahanan Russia pada 25 september 2013 bertempat di Nizhny Tagil, Rusia. Pada sequel sebelumnya tank terminator 1 dianggap masih memiliki banyak kekurangan, baik pada proteksi, operasional dan sistem integrasi pertempuran untuk mengatasinya maka dibuatlah Tank terminator 2 dengan mengusung teknologi yang jauh lebih modern dengan memanfaatkan sistem integrasi terkomputerisasi.
Gambar BMPT Terminator 1

Gambar BMPT Terminator 2
Pada desain tank terminator 2, Ilmuan Russia masih tetep mempertahankan chasis dari MBT T-72 karena dianggap masih tak terkalahkan dalam kehandalannya melahap medan baik offroad ataupun beraspal. Sedangkan untuk sistem proteksi baja terjadi peningkatan yang cukup signifikan yakni menggunakan baja explosive reactive armour (ERA) yang menyelimuti semua bagian tank, pada bagian belakang (block mesin) dilengkapi dengan Armored Bar/Slats, sedangkan pada bagian menara atau peluncur rudal dilindungi dengan armored panel. Perubahan lain juga terjadi yakni pengurangan kru dalam mengoperasikan tank terminator yang sebelumnya di operasikan paling sedikit 5 orang kru, tapi untuk mengoperasikan tank terminator terbaru cukup dengan 3 orang kru dengan mengintegrasikannya secara terkomputerisasi kedalam suatu management combat system.

Tidak ketinggalan beberapa sensor penglihatan untuk memaksimalkan daya tempurnnya diantaranya Penembak dan Komandan dilengkapi dengan Panel kontrol dan layar LCD Thermal Multi channel yang terdiri dari Laser Range Finder, Guided Missile Control dan Independent Fov (Field or View) ditambah lagi dengan sensor Advanced Automatic Fire Control System, Balistic System, Navigasi Glonass dan Pemindai Geografis untuk menentukan sudut elevasi tembakan. Dengan daya deteksi yang mampuni Terminator 2 bisa mengendus dan membinasakan keberadaan musuh secara akurat pada jarak 5000m

Sistem Persenjataan BMPT Terminator 2

Berbicara mengenai persenjataan Terminator 2 dirancang untuk mampu membinasakan berbagai target darat maupun udara walaupun persenjataan yang di usung terdapat pengurangan. namun, tidak mengurangi kesangaran dari tank terminator terbaru ini, bayangkan saja terminator mampu di turunkan lebih taktis dan efisien dengan dua meriam mematikan 2A42 caliber 30mm terdiri dari amunisi  High Explosive-Tracer (HE-T), Armour-piercing discarding sabot (APDS), High Explosive Fragmentation (HE-FRAG) and Armor-Piercing - Tracer (AP-T) dengan membawa total 850 amunisi, dua peluncur rudal anti tank yang bertotal 4 rudal ATGM Ataka 9m120 yang terletak pada sisi kanan dan kiri digunakan untuk membinasakan pasukan tank kaveleri musuh dan helikopter hingga jarak maksimum 6000m. Selain itu untuk senjata sekundernya tank terminator 2 mengusung senapan mesin otomatis kaliber 7.62mm kemudian ditambah peluncur geranat asap caliber 81mm untuk menghindari sergapan dan bidikan musuh. 
Klik Untuk Memperbesar Foto

Klik untuk memperbesar Foto

 


Dengan mengefisienkan peralatan canggih yang di usung, Terminator 2 hanya berbobot 44 Ton lebih ringan 3ton dari tank terminator pendahulunya yang berbobot 47T, tank terminator 2 mengusung mesin diesel turbocharged liquid-cooled 12 silinder menghasilkan daya 1000hp dan kalau di geber terminator 2 mampu melesat dengan 60km/jam dengan jarak tempuh 500 km Kendaraan ini juga dilengkapi dengan unit daya tambahan untuk menunjang misi pertempuran serta daya jangkaunya  dan Snorkel untuk menyelam dengan kedalaman 5 meter. Ups Lupa, Tank Terminator 2 dilengkapi dengan Sensor deteksi radiasi Nuklir (NBC). III0III0

Baca Juga :
Tank Terminator 1 edisi sebelumnya  

Pages