Saturday, 26 October 2013

TANK PL 01 OBRUM, PROTOTYPE TANK MODERN MASA DEPAN BUATAN POLANDIA

Ada yang baru dari Pameran Industri Pertahanan Negara-Negara Kawasan Eropa Tengah dan Timur atau yang biasa disebut MSPO 2013 salah satunya yang banyak menyedot pengunjung adalah Prototype Main Battle Tank Inovasi terbaru Hasil rancangan negara Polandia. Tank tersebut diberinama PL-01 Obrum yang dibuat oleh salah satu perusahaan pertahanan Polandia bekerja sama dangan BAE System Inggris. Berbeda dengan konsep tank pada umumnya, tank ini dibuat dengan basis platform pertempuran modern dengan seabreg teknologi modern serta peningkatan perlindungan bagi awaknya dan dirancang kasat radar/ stealth.

 

Keterangan Gambar


Mengenai desain dan struktur operasional Tank ini sangat mirip dengan tank tempur biasa pada umumnya, seperti driver pada bagian depan lambung sedangkan komandan dan penembak berada pada lambung tank, tapi uniknya tank ini mampu membawa 4 tentara infantri pada bagian belakang. Sistem perlindungan yang di usung juga tidak kalah garang dengan mengusung dua metode proteksi aktif dan pasif.

Keterangan Gambar


Untuk sistem perlindungan pasif tank ini mengusung baja generasi ke III terbuat dari lapisan baja dan ceramic-aramid kemudian dilapisi dengan material khusus yang dikenal sebagai RAM (Radar Anti material) yang merupakan bahan penyerap energi pancaran radar. Bahan-bahan tersebut antara lain komposit berupa graphyte epoxy dari karbon. Karena bahan itulah, maka energi radar tidak terpantulkan. serta tidak ketinggalan Liners Spall untuk mengurangi efek penetrasi ledakan rudal atau roket yang masuk. Dari campuran bahan-bahan tersebut Tank Obrum mampu menahan tembakan Senapan caliber 30mm dan mampu menahan ledakan ranjau grade 4a dan 4b. sistem ini dinilai setara dengan Perlindungan Tank M1 Abrams Amerika dan Challenger Inggris, selain itu guna mengurangi efek daya ledak ranjau bagi awak tank disediakan kursi khusus dalam mengurangi efek guncangan ledakan ranjau. 

Sedangkan untuk sistem perlindungan aktif di sokong oleh BAE Aktif Protection System berupa penggunaan sensor sehingga apabila ada rudal dan roket yang ditembakan ke tank Obrum maka dipastikan tidak langsung menghantam ke baja tapi di cegat oleh ledakan dan menghancurkannya terlebih dahulu sebelum menghantam tank seperti sistem perlindungan Tropy yang digunakan Tank Markava Israel.

Tampak Depan dan Belakang

Tampak Samping
Tank Obrum digerakkan dengan transmisi otomatis menggabungkan antara mesin diesel dan hydrokinetic turbin,  sistem penggerak semacam ini dipercaya dapat menambah daya geber di medan laga bayangkan saja tank obrum dapat melesat dengan kecepatan 70km/jam sedangkan bila di geber dijalan offroad tank ini mampu dipacu hingga 50km/jam, sedangkan jarak jelajah tank ini sejauh 500km. 
Sistem persenjataan Tank Obrum juga tak kalah garang yakni mengusung meriam smotbore caliber 120mm dengan sistem outoloader bahkan diklaim tank ini mampu menembakan 6 peluru dalam 1 menit , senapan mesin koaksial kaliber 7.62 , senapan remote control caliber 12.7mm terletak pada bagian kubah turret dan peluncur granat otomatis yang berada pada setiap sisi tureet. Dari kesemua sistem persenjataan itu terkoordinasi dengan apik melalui sensor Fire control system generasi ke tiga yang mampu memberikan pengawasan 350 derajat baik siang dan malam, selain itu tank obrum juga dilengkapi beberapa sensor untuk meminimalisir ancaman seperti Fire-extinguishing system, battlefield management system, night/day vision, heating and air conditionning system, automatic fire control system, radar self-protection system NBC protection system, Laser Warning System. 

Dari kesemua kecanggihan yang dimiliki PL-01 Obrum, akan membawa kita masuk dalam konsep peperangan modern yang dimana menjadi sandaran pertempuran dimasa mendatang. III0III0