Friday, 16 August 2013

K21 IFV, TANK TEMPUR INFANTERI NEGARA KPOP

K21 Infantry Fighting Vehicle South Korea.
K21 atau NIFV (Next Infantry Fighting Vehicle) adalah salah satu Tank Tempur Angkut Infantri yang pertama kali dirancang menggunakan kaliber besar, Tank ini dikembangkan Dosaan Infracore anak perusahaan dari Dosaan Corporation untuk menggantikan Tank jadul K200 IFV yang sudah tua.Rencananya K21 diproduksi sebanyak 900 Tank sampai pada tahun 2009.

Secara signifikan bobot Tank K21 lebih ringan dibandingkan dengan Tank sejenis paling modern sekalipun yakni hanya berbobot 25ton, rahasia dibalik ini semua tidak lepas dari campuran baja komposit yang ringan, terdiri dari berbagai lapisan keramik, serat kaca dan paduan alumunium ringan lainnya. Perpaduan tersebut di klaim mempunyai komposisi yang lebih ringan dan mampu melindungi dari gempuran musuh bahkan tidak tanggung tanggung Bagian depan K21 dirancang untuk melindungi dari serangan meriam otomatis kaliber 50 mm pada  jarak 1000 meter , kaliber 50mm ini adalah kaliber yang sering dipakai tank BMP3F buatan Russia, serta bagian atas kubah tank K21 mampu menahan daya ledakan serangan artileri kaliber 152 mm pada radius 10m. 

Meriam Kaliber 40mm, 2 ATGM 3rd like Spike Israel, Smoke Granade Launcher , Senjata Mesin Kal 7.6mm

Teknik Apung K21 "pontoon System"

Ruangan Dalam angkut personil K21

Dalam Pengoperasiannya Tank K21 mampu mengangkut 11 kru yang 3 diantaranya bertugas sebagai Komandan, sopir , reloader sedangkan sisanya 9 tentara kombantan. Dalam melakukan aksinya K21 disokong suspensi hidro-pnumatik yang memberikan kesetabilan dalam meredam getaran saat digeber dijalan datar ataupun medan offroad. berbicara masalah daya geber Tank K21 dilengkapi dengan mesin Diesel V-10 buatan Doosan D2840LXE yang menghasilkan daya dorong 750hp bahkan untuk varian anyar K21 PIP mesin di upgrade guna menghasilkan tenaga 840 hp dalam memudahkan pengoperasiannya K21 menggunakan transmisi otomatis sedangkan untuk daya geber di air tank k21 menggunakan water jet dengan teknik apung menggunakan sistem “ponton system”, jadi kalau dikomparasi Tank K21 mempunyai kecepatan rata-rata 70 km / jam (jalan raya) , 40km (offroad) dan 6km / jam (air) dengan jarak tempuh 450km.

Sistem kontrol persenjataan K21 cukup lengkap diantaranya sensor keakuratan tembkan (Thermal View dan laser range finder), stabilisator tembakan, serta sensor identifikasi lawan atau kawan yang lazim disebut IFF, bahkan tank ini dilengkapi dengan radar thales buatan samsung yang berfungsi untuk melakukan identifikasi target udara, wal hasil tank k21 mampu melihat target lebih dari 6000 meter dan mengidentifiasi mereka pada jarak 3.000 meter.
http://www.momosergeidragunov.com/
Tak lengkap rasanya kalau belum berbicara masalah persenjataan, Tank K21 mengusung senjata utama seperti meriam kaliber 40mm yang mampu memberondong tembakan 300 putaran permenit dan dua peluncur rudal anti tank ATGM generasi ke 3 varian Spike. Sedangkan Senjata sekunder tank K21 memakai senapan koaksial kaliber 7.62 mm.

Ditinjau dari semua fiture dan kecanggihan yang dimiliki oleh Tank IFV K21 sangat wajar menjadi pasangan serasi MBT K2 Black Panter dan mungkin bisa menjadi pilihan alternatif negara-negara dikawasan asia yang mempunyai budget kecil dengan kualitas Woah.. untuk memoderenisasi armada angkut infantrinya termasuk Indonesia.III0III0