VT PATROL UAV, PESAWAT NIRAWAK VIETNAM

VT Patrol Drone
Di tengah negara di kawasan Asia Tenggara berlomba-lomba membuat Pesawat Nirawak, kini para ilmuan Vietnam tak mau kalah memamerkan teknologinya dengan membuat suatu pesawat mata-mata nirawak bernama VT-Patrol yang di release pada bulan Juli 2013. 

VT-Patrol dibuat oleh perusahaan Viettel Flight Instrument Center di bawah naungan Institut Teknologi Antariksa Vietnam bermarkas di Hanoi. 

Pesawat bernama VT-Patrol itu memiliki bentang sayap 3,3 meter, bobot 26 kilogram, dapat otomatis terbang, serta mengirimkan informasi dan gambar secara langsung. Pesawat terbuat dari komposit yang ringan sekaligus kuat. Melalui sejumlah uji penerbangan, para ahli berhasil menangani masalah pembekuan yang menimpa beberapa bagian pesawat saat terbang di lokasi dengan suhu minus 15 derajat Celsius dan kelembapan lebih dari 90 persen.

VT-Patrol mampu terbang pada kecepatan 100-150 kilometer per jam hingga radius 50 kilometer. Pesawat ini dilengkapi kamera inframerah resolusi tinggi untuk misi pengintaian. Pesawat ini dapat mengidentifikasi dan membedakan target dalam jarak 600 meter.

Sukses dengan purwarupa pertama, Viettel Flight Instrument Center berencana memproduksi pesawat nirawak skala menengah dengan waktu tempuh 15-24 jam. Pesawat tak hanya untuk mengintai, tapi juga dilengkapi rudal dan senjata lain untuk memperkuat kemampuan pertahanan negara.

Pages