XM7 SPIDER, RANJAU DARAT TERBARU DENGAN KONSEP PERLINDUNGAN NON COMBANTAN

Foto XM7 Spider
Penggunaan ranjau darat memang sangat diperlukan dalam suatu pertempuran, berfungsi utama sebagai menghambat gerak laju musuh di medan perang. tapi, kalau penggunaanya tidak dipetakan maka akan membawa dampak serius bagi penduduk sipil jika tidak di nonaktifkan. 

Berkonsep baru dengan mengusung teknologi canggih inilah yang menjadi pikiran oleh dua perusahaan yang bergerak dalam dunia kemiliteran yakni Alliant Tech Systems dan Textron Systems Corp untuk tentara Amerika dimedan laga, mereka membuat suatu ranjau darat yang aman bagi penduduk sipil dan mematikan bagi musuh.

XM7 Spider inilah hasil dari pemikiran dua perusahaan besar Amerika, berbeda dengan ranjau darat konvensional pada umumnya, ranjau darat XM7 Spider memiliki banyak keunggulan, berkonsep teknologi canggih yang dimilikinya ranjau darat ini mampu membedakan mana yang combantan dan mana yang non combantan karena cara kerjanya langsung diawasi oleh modular monitor operator guna menghindari salah sasaran dan menghindari bahaya berkelanjutan seusai perang.




Skema Pemasangan XM7 Spider

Sebenarnya ranjau darat ini dirancang untuk menjebak dan memusnakan kendaraan bermotor ringan ketimbang anti personil, tak ubahnya bentuk semirip dengan "spider" (laba-laba) memiliki 6 kaki berupa tabung peluncur granat yang lazim dipakai pada  senapan serbu, sebuah repeater berfungsi sebagai peningkat jarak jangkau dan  dikendalikan oleh operator melalui remote control. 

Cara penggunaanya ranjau darat Spider membutuhkan operator untuk mengaktifkan ataupun menonaktifkan dengan jarak pantau antara operator dan ranjau berkisar 3km. Selain itu, jika mangsa tak kunjung datang maka ranjau darat Spider bisa diambil dan dipakai kembali karena pada modular kontrol terpasang GPS untuk memudahkan pencarian ranjau darat yang dipasang, bahkan XM7 Spider dilengkapi dengan kemampuanya menghancurkan diri sendiri (self destruct) dengan jangka waktu 30 hari.

Pages