Tuesday, 16 April 2013

2T STALKER, TANK INTAI CANGGIH ALA BELA RUSSIA

Tank 2T Stalker
Tank penguntit inilah sebutan bagi tank intai yang dikembangkan Belarussia atas prakarsa negara   russia, di berinama 2T Stalker, prototype ini muncul ke publik sekitar akhir tahun 2000an,  tank ini diproduksi oleh perusahaan pertahanan Belarussia bernama  Minotor Service Enterprise, namanya juga tank intai tentu tugas utamanya  adalah  mengumpulkan data pengintaian, serangan terhadap konvoi musuh dan penyelamatan pilot tempur yang jatuh bahkan dengan kemampuan siluman yang dimilikinya, tank ini mampu mengintai sasaran dengan jarak 300km dibelakang garis musuh. Bak pasukan elit ,2T Stalker mampu bertempur secara independent dalam suatu kelompok kecil 3-4 unit untuk membabat habis konvoi kavaleri musuh.
 
Dimodifikasi dari Tank T-72 dengan sedikit pengurangan dan penambahan pada bagian kubah turret dan Sebuah suspensi hydropneumatic yang dapat diturunkan dan dinaikkan untuk menyesuaikan medan pertempuran sambil bergerak. Wal hasil tank ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 740 HP, sedangkan kecepatan merayap dijalan berkisar antara 95 km/jam dengan jarak tempuh 1000 km dan dioperasikan   oleh lima orang kru yang tugasnya terdiri dari  komandan, penembak, sopir dan dua pengintai.

Berbeda dengan pakem biasa, para engginer belarussia Mengandalkan kecepatan tinggi, manuver dan teknologi siluman sebagai konsep perlindungan utama. Tentunya, tank ini tergolong payah dalam menahan gempuran serangan langsung musuh, sedangkan konsep siluman yang diadopsinya tank ini dilapisi dengan lapisan khusus sehingga mengurangi tangkapan radar dan pengindaraan lainnya.  bahkan tank ini dilengkapi dengan sebuah detektor sensor yang terletak pada bagian lambung yang  terhubung pada peluncur granat asap sehingga apabila musuh  menggunakan laser dalam membimbing rudal atgw untuk melumpuhkan tank ini, maka secara otomatis dan tanpa diperintah tank ini akan mengeluarkan peluncur granat asap guna menghindari serangan langsung.
Foto 2T Stalker Tampak Depan  & Persenjataan
Foto 2T Stalker Tampak Belakang

Menengok sistem persenjataannya tank ini tergolong lebih sangar daripada sebuah tank utama pada umumnya, bayangkan saja Tank  2T Stalker dipersenjatai persentaaan primer dan secunder, untuk persenjataan primer tank ini dilengkapi dengan Meriam Kaliber 30mm yang dicomot dari tank BMP-2 IFV yang dijadikan sebagai senjata utamanya,  serta senapan mesin Koaksial kaliber 7.62mm, selain itu tank ini dilengkapi dengan Peluncur Granat otomatis kaliber 30 mm.

Sedangkan untuk persenjataan Sekunder, tank ini  juga dilengkapi dengan rudal anti pesawat dan rudal anti tank yang masing-masing terletak dua disi kanan dan dua disisi kiri, untuk rudal anti pesawat  tank ini mengadopsi rudal 9K38 Igla yang mampu menembak jatuh sebuah pesawat setinggi 3.5 km dengan kecepatan 800 m/s atau setara 2.3 march. Sedangkan rudal anti tank mengusung rudal 9K114 Shturm yang mampu membinasakan sebuah tank utama sejauh 5 km dengan kecepatan 345 m/s. Belum cukup sampai disitu tank ini juga mampu membawa peralatan tambahan berupa ranjau darat.

Dari sekian banyak keunggulan tank ini, dengan fitur canggih yang diusung tank ini sepi peminatnya walaupun sudah ditawarkan di pasar ekspor.