Thursday, 21 March 2013

"YI LONG" PESAWAT PEMBOM TANPA AWAK NEGARA CHINA

Foto Yi Long / Wing Loong.
Setelah Ambisi Negara China membuat pangkalan Pesawat Tanpa awak( Drone) terbesar di Dunia menyaingi Negara Amerika, kini negara tersebut mulai mewujudkannya, salah satunya China kembali melakukan Ujicoba terbang kedua pada 28 Februari 2013 pesawat Tanpa awak bersandi "Yi Long"  yang diklaim lebih murah 1 juta Dolar dibanding "Rapear" Amerika Serikat dan "Heron" Israel.

Prototype Yi Long pertama kali dipamerkan pada Air China Show pada Selasa 13 November 2012 di Zuhai. Yilong dibuat oleh institut pembuatan pesawat terbang Chengdu sejak 2005. Pesawat tanpa awak buatan China ini melakukan ujicoba terbang perdana pada 2008. Yi Long bisa digunakan untuk tugas sipil maupun dalam penyerbuan  militer.

Pesawat ini memiliki panjang 9,34 meter, rentang sayapnya mencapai 14 meter, dan beratnya lebih dari satu ton. Yi Long mampu terbang setinggi 5.300 meter dengan daya jelajah 4.000 kilometer,selama lebih dari 20 jam.

Yi Long memiliki bentuk yang mirip dengan pesawat mata-mata AS, MQ-9 Reaper, dengan mesin pendorong, V-tail, sayap yang panjang, dan bentuk badan pesawatnya. Pesawat ini juga dilengkapi dengan senjata rudal di bagian bawah sayap dan sensor elekto optik di bawah badan bagian depan pesawat.


Foto Yi Long Tampak dari berbagai sudut

Ruang Kontrol Pusat Kendali
Drone Dark Sword China Concept


China mengklaim pesawat mata-mata Yi Long ini telah siap memasuki pasar internasional. Namun, mereka tidak menyebutkan detil kesiapan mereka.

Bahkan para ilmuan China sedang mengembangkan drone berteknologi siluman bersandi "Dark Sword" drone siluman ini diklaim memiliki profil radar yang rendah untuk menghindari deteksi radar, denga kemampuan terbang diketinggian 31 Mil atau setara 50 Kilometer diatas permukaan tanah yang akan lebih memberikan pengawasan yang konstan dan aman dari jangkauan rudal musuh walaupun ditembakkan dari pesawat tempur.