L-ATV KENDARAAN TAKTIS MILITER TERBARU AMERIKA DI MEDAN PERANG

Foto Rantis L-ATV.
Mobil militer Humvee sudah hampir dipastikan tidak akan lagi digunakan oleh militer Amerika Serikat karena perusahaannya bangkrut. Kini militer Amerika tengah mencari pengganti mobil legendaris tersebut dan ini adalah salah satu calon penerusnya.

Sebuah perusahaan bernama Oshkosh Defense yang berbasis di Wisconsin, Amerika Serikat baru-baru ini memperlihatkan sebuah mobil militer anyar bernama Light Combat Tactical All-Terrain Vehicle alias L-ATV.

Mobil ini disetting sebagai pengganti Humvee dan ditawarkan ke militer Amerika Serikat.

Untuk mobil ini, Oshkosh Defense mengatakan kalau L-ATV memiliki segudang keunggulan yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan militer.

Lapisan baja anti peluru dan bom yang melindungi lapisan luar tubuhnya diklaim mampu dikonfigurasi dengan berbagai situasi. Sementara kapsul yang berada di dalamnya di desain agar bisa digunakan militer dan miliki kompabillitas ketika militer ingin meng-up grade teknologi kendaraannya.

Foto L-ATV dilihat dari berbagai sudut
Sementara kaki-kakinya ditunjang suspensi independen TAK-4i yang memiliki per 20 inchi, lebih panjang 25 persen dibanding yang digunakan mobil militer AS saat ini dan membuat mobil ini mampu melahap medan ganas sekalipun.

Dan yang paling menarik dari mobil ini adalah dapur pacunya. Dahulu, mobil-mobil militer AS yang menggunaka Humvee selalu saja dikenal sebagai sebuah mobil yang buas, yang rakus bahan bakar. Namun citra itu akan berubah bila militer AS menggunakan mobil ini.

Sebab Oshkosh Defense menawarkan L-ATV dengan dapur pacu dual mesin alias hybrid. Kekuatan mobil ini didapat dari perpaduan mesin diesel dan motor listrik yang akan membuatnya lebih ramah pada lingkungan.



Gambar L-ATV dicantoli persenjataan ringan

Selain itu, karena sistem hybrid ini akan membuat mobil lebih irit bahan bakar, Oshkosh pun mengatakan kalau militer AS tidak perlu takut lagi, karena jarak jelajah mobil mereka tentu akan semakin jauh dan mereka pun tidak perlu takut kehabisan bahan bakar ketika sedang berada di zona musuh.

Selain L-ATV ini, Oshkosh Defense sudah memiliki M-ATV Mine Resistant Ambush Protected (MRAP) yang saat ini sudah digunakan oleh militer.

Pages