Thursday, 13 December 2012

DESSAULT RAFALE PESAWAT TEMPUR UNGGULAN FRANCIS GENERASI 4.5

Dessault Rafale Varian M
Rafale adalah wujud dari program standardisasi ambisius Militer Perancis untuk visi 2025-2030, yakni sebagai pengganti lima pesawat asyang bertugas di Angkatan Udara Perancis dan Angkatan Laut Perancis. Dassault Rafale (dijuluki sebagai Squall dalam Bahasa Inggris) adalah pesawat tempur serbaguna generasi ke-4.5, bermesin dua, dan bersayap delta asal Perancis yang dibuat oleh Dassault Aviation. Rafale dirancang sebagai pesawat berpangkalan di daratan maupun di kapal induk.

Rafale dapat diperlengkapi dengan senjata nuklir. Selain untuk digunakan di negara asalnya, pesawat ini juga dijual untuk kebutuhan ekspor. Meskipun beberapa negara menyatakan minatnya untuk memiliki Rafale, namun belum ada nota resmi pemesanan lintas-negara yang disepakati.

Rafale berfiturkan sayap delta dipadukan dengan kanard aktif terintegrasi (dekat-berpasangan) untuk memaksimalkan kemampuan manuver (+9 g atau -3 g) sambil memelihara kestabilan terbang, nilai maksimum 11 g dapat diraih dalam keadaan darurat. Kanard juga mengurangi laju pendaratan hingga 115 knot. Menurut sumber internal (Les essais en vol du Rafale) batas laju terendah adalah 100 kt tetapi 80 kt kadang-kadang diperagakan pada pameran dirgantara oleh pilot untuk mengungkapkan mutu laju rendah pesawat ini. "Batas minimum 15 kt dapat dicapai pada saat simulasi tempur melawan Mirage 2000 oleh seorang pilot agresif." Pesawat ini dapat dioperasikan dari landas pacu yang hanya berpanjang 400 meter.
Bagian dasar pesawat tempur Rafale

Rafale diperlengkapi dengan sistem pertahanan elektronik terintegrasi yang disebut Spectra yang, dikembangkan oleh Thales dan EADS Perancis karena perkembangan zaman sistem pertahanan elektronik inipun diganti dengan sistem radar AESA yang mutlak dipakai oleh pesawat tempur generasi 4-5, Radar Susunan Terpindai Elektronis Aktif AESA RBE2 AA buatan Thales digunakan untuk menggantikan Susunan Terpindai Pasif RBE2 yang terpasang. Thales mengirimkan radar baru itu pada bulan Agustus 2010 untuk digunakan pada tranche Rafale keempat. Seluruhnya ada 60 tranche, yang masing-masing tranche itu terdiri dari empat pesawat telah dipesan pada waktu itu. Skuadron pesawat yang diperlengkapi AESA ini diharapkan dapat dioperasionalkan pada tahun 2012. Thales juga mengaku bahwa radar AESA akan memperbaiki kemampuan operasional pesawat dalam hal jelajah, kemampuan mencegat, kemampuan membuntuti, dan penangkalan.

Meskipun bukan sebagai pesawat siluman sejati, menurut Dassault, Rafale mampu mengaburkan pengenalan radar, sementara sebagian besar fitur desain siluman diklasifikasi, penggunaan bahan komposit dan pola bergerigi di tepian sayap dan kanard berjejak berperan untuk mengurangi daya pindai radar.

Dari sisi persenjataan pesawat tempur Rafale tergolong sangar yakni dilengkapi dengan Rudal Udara ke Udara seperti MICA IR/EM,  Magic II dan pada masa depan,  MBDA Meteor dan Rudal udara ke darat seperti MBDA Apache,  SCALP EG,  AASM, GBU-12 Paveway II, AM 39 Exocet, Rudal nuklir ASMP-A, sedangkan persenjataan sekundernya adalah Canon GIAT30/719B.
Foto pesawat tempur Dassault Rafale dari berbagai sudut

 

Dari semua kecanggihan pesawat tempur Rafale adalah mampu melakukan transfer bahan bakar di udara layaknya pesawat pengisi bahan bakar.

Karakteristik umum

    Kru: 1–2
    Panjang: 15,27 m
    Lebar sayap: 10,80 m
    Tinggi: 5,34 m
    Luas sayap: 45,7 m²
    Bobot kosong: 9.500 kg (C), 9.770 kg (B),[76] 10.196 kg (M)
    Bobot maksimum lepas landas: 
    24.500 kg (C/D), 22.200 kg (M)[77]
    Mesin: 2× Snecma M88-2 mesin turbofan
        Dorongan kering: 50,04 kN masing-masing
        Dorongan dengan pembakar lanjut: 75,62 kN dengan M88-Eco 
        (>90 kN setelah tahun 2010) masing-masing

Kinerja

    Laju maksimum:
        Ketinggian tinggi: 2.390 km/jam [76]
        Ketinggian rendah: 1.390 km/jam
    Jarak jangkau: 3.700+ km
    Radius tempur: 1.852+ km pada misi penetrasi
    Batas tertinggi servis: 16.800 m
    Laju panjat: 304,8+ m/s
    Beban sayap: 326 kg/m²
    Dorongan/berat: 1,13

Varian

Rafale A
Pesawat peraga teknologi, terbang perdana pada tahun 1986. Kini tidak lagi beroperasi.
 
Rafale D
Dassault menggunakan pesawat ini (D untuk diskret atau siluman) pada permulaan dasawarsa 1990-an untuk versi produksi bagi Angkatan Udara Perancis, untuk memperjelas fitur semi-siluman yang baru disertakan ke dalam pesawat ini.
 
Rafale B
Ini adalah versi dua kursi bagi Angkatan Udara Perancis; diserahkan kepada EC 330 pada tahun 2004.
 
Rafale C
Ini adalah versi satu kursi bagi Angkatan Udara Perancis; diserahkan kepada EC 330 pada bulan Juni 2004.
 
Rafale M
Ini adalah versi untuk dapat mendarat di kapal induk bagi Angkatan Laut Perancis, mulai bertugas pada tahun 2002. Rafale M berbobot sekira 500 kg lebih berat daripada Rafale C. Sangat menyamai Rafale C dalam tampilannya, M berbeda dalam hal-hal berikut ini:
  • Diperkokoh agar dapat stabil berkedudukan di atas kapal induk
  • Gir pendaratan yang lebih kuat
  • Lengan gir moncong yang lebih panjang untuk memberikan perilaku mendongak yang lebih baik untuk dapat diluncurkan menggunakan ketapel
  • Pilon tengah-depan dibuang (untuk memberi ruang untuk gir yang lebih panjang)
  • Tailhook yang lebih lebar antara dua mesin
  • Tangga pendaratan dengan daya terintegrasi
  • Sistem pendaratan gelombang mikro Kapal Induk
  • Platform referensi kelembaman "Telemir" yang dapat menerima perbaruan dari sistem kapal induk.

Rafale N
Rafale N, mulanya disebut Rafale BM, direncanakan berupa versi dua kursi untuk Angkatan Laut Perancis. Pengurangan anggaran dan biaya tambahan pelatihan kru telah menjadi penyebab pembatalan pengadaan jenis ini.

0 komentar:

Post a Comment