Tuesday, 13 November 2012

HELICOPTER TEMPUR AH-64 APACHE BLOCK III/E TERBARU AMERIKA

AH-64 Apache Bloc III
Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) telah memberi lampu hijau kepada Angkatan Darat AS untuk memulai produksi penuh generasi terbaru helikopter serbu AH-64 Apache. Varian terbaru ini dinamai AH-64E, dan memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan pendahulunya, AH-64D.Persetujuan produksi generasi terbaru Apache tersebut diumumkan pada 24 Oktober lalu di Washington DC, AS.Menurut para pejabat yang berwenang, Dewan Akuisisi Pertahanan AS telah mengeluarkan izin produksi itu sejak Agustus.

Pada saat itu, dewan tersebut resmi memberi nama heli baru ini dengan AH-64E. Sebelumnya, heli tersebut hanya disebut sebagai proyek AH-64D Block III. Demikian diwartakan majalah pertahanan IHS Jane's Defence Weekly (JDW) edisi 31 Oktober 2012.

Heli yang akan diproduksi pabrikan Boeing itu termasuk kategori heli serbu berat, yang memiliki transmisi lebih baik dibanding seri D. Apache E ini juga menggunakan baling-baling dari bahan komposit, yang membuatnya bisa terbang dengan kecepatan 25 knot (46,3 kilometer per jam) lebih cepat dibanding Apache D Block II.

Heli baru ini juga dilengkapi sistem avionik dengan arsitektur terbuka sehingga memudahkan dalam proses modernisasi di masa depan. Selain itu, Apache E juga dilengkapi kemampuan mengendalikan pesawat nirawak (drone) dari dalam kokpitnya sehingga akan meningkatkan kemampuan baik dalam pengawasan maupun tempur.

 

Unmanned Aircraft Systems (UAS)
AD AS berencana membeli 690 Apache E untuk mengganti seluruh armada Apache-nya yang lebih tua. Para pejabat Boeing menyatakan, kapasitas produksinya masih mampu mengakomodasi pesanan tambahan, baik dari AD AS maupun dari pembeli potensial di luar negeri.

0 komentar:

Post a Comment