Thursday, 20 September 2012

NAMA-NAMA BADAN INTELIJENT TERBAIK DI DUNIA

Badan Intelijen merupakan instrumen yang efektif dari kekuatan nasional. Intelijen agresif adalah senjata utama untuk mengacaukan target. Memang, tidak ada yang benar-benar tahu apa yang dilakukan oleh suatu badan intelijen, Kini Intelijen dihadapkan oleh tantangan keamanan nasional dan internasional semakin kompleks sehingga memerlukan adanya intelijen yang profesional. Memang antara mempromosikan keterbukaan informasi kepada publik di negara modern, amat jauh bertentangan dengan hakekat fungsi intelijen yang meniscayakan kerahasiaan. Inilah tantangan permanen yang harus disikapi secara cerdas dan bijak oleh para pembuat dan pelaksana kebijakan publik khususnya dalam sektor keamanan.
Berikut nama-nama Badan Intelijen terbaik di dunia.


ASIS AUSTRALIA
Logo ASIS
Dinas Intelijen Rahasia Australia adalah badan intelijen pemerintah Australia bertanggung jawab untuk mengumpulkan intelijen asing, melakukan kegiatan kontra-intelijen dan kerjasama dengan badan-badan intelijen lain di luar negeri. Selama lebih dari dua puluh tahun, keberadaan lembaga itu rahasia bahkan dari pemerintah sendiri. Tanggung jawab utamanya adalah mengumpulkan intelijen dari kepentingan terutama Asia dan Pasifik menggunakan agen ditempatkan di berbagai bidang. Tujuan utamanya, seperti kebanyakan lembaga, adalah untuk melindungi kepentingan negara politik dan ekonomi sambil memastikan keamanan bagi rakyat Australia terhadap ancaman nasional.

RAW INDIA
RAW (Research and Analysis Wing) India 
 
Penelitian dan Analisis, Wing adalah badan intelijen eksternal India. Ini dibentuk pada bulan September 1968, setelah Republik yang baru merdeka, India dihadapkan dengan 2 perang berturut-turut, perang Sino-India tahun 1962 dan perang India-Pakistan tahun 1965, seperti yang jelas bahwa setup intelijen yang kredibel pengumpulan yang kurang. Fungsi utamanya adalah pengumpulan intelijen eksternal, kontra-terorisme dan operasi-operasi rahasia. Selain itu, ia bertanggung jawab untuk memperoleh dan menganalisis informasi tentang pemerintah asing, korporasi, dan orang-orang, dalam rangka untuk menasihati pembuat kebijakan luar negeri India. Sampai penciptaan R & AW, Biro Intelijen ditangani baik intelijen internal dan eksternal.

DGSI FRANCIS
DCRI (Direction Centrale de la Racaille Israelienne de France)

Direktorat Jenderal Eksternal Keamanan adalah badan intelijen eksternal Perancis. Beroperasi di bawah arahan kementerian pertahanan Prancis, badan bekerja bersama DCRI (Direktorat Pusat Intelijen Interior) dalam menyediakan intelijen dan keamanan nasional, terutama dengan melakukan paramiliter dan operasi kontra intelijen luar negeri. Direktorat Jenderal Keamanan Eksternal (DGSE) dari Prancis memiliki sejarah yang agak pendek dibandingkan dengan badan intelijen lain di wilayah ini. Secara resmi didirikan pada tahun 1982 dari banyak badan intelijen sebelumnya dalam negeri. Fokus utamanya adalah untuk mengumpulkan intelijen dari sumber-sumber asing untuk membantu dalam keputusan militer dan strategis bagi negara. Badan ini mempekerjakan lebih dari lima ribu orang

FSB RUSSIA
 
(FSB) Federal'naya sluzhba bezopasnosti Rossiyskoy Federatsii Russia

Dinas Keamanan Federal Federasi Rusia (FSD) adalah badan keamanan domestik utama dari Federasi Rusia dan badan penerus utama dari era Soviet Cheka, NKVD dan KGB. FSB adalah terlibat dalam kontra-intelijen, keamanan internal dan perbatasan, kontra-terorisme, dan pengawasan. Kantor pusatnya berada di Lubyanka Square, pusat kota Moskow, lokasi sama dengan bekas markas KGB. Semua penegak hukum dan badan-badan intelijen di Rusia bekerja di bawah bimbingan FSB, jika diperlukan. Sebagai contoh, GRU, Spetsnaz dan Internal Departemen detasemen Pasukan Rusia Negeri bekerja sama dengan FSB di Chechnya. FSB bertanggung jawab atas keamanan internal negara Rusia, kontraspionase, dan perang melawan kejahatan terorganisir, terorisme, dan penyelundupan narkoba. Jumlah personil FSB dan anggaran tetap rahasia negara, meskipun anggaran tersebut dilaporkan melompat hampir 40% pada tahun 2006.


BIN  INDONESIA
 
BIN (Badan Intelijen Negara) Indonesia


Badan Intelijen Strategis (Bais) yang sekarang BIN adalah sebuah nama yang terkenal angker namun ditakuti. banyak prestasi yang sudah ditorehkan baik dalam maupun luar negeri, salah satu contohnya di dalam negeri adalah Lembaga ini disebut-sebut berperan penting melumpuhkan gerombolan pengacau keamanan di DI Aceh, juga gerakan antipenyatuan di Timor Timur. Richard Tanter -pakar politik dari Monash University, Melbourne, Australia- bahkan mengatakan Bais pula yang menggembosi dukungan untuk gerakan Papua Merdeka di Irian Jaya, dengan mengendalikan beberapa tokoh pemerintahan di Papua Nugini. Kelahiran Bais tidak lepas oleh Benny Moerdani, tak berapa lama setelah ia menjabat Panglima ABRI pada Maret 1983. Tanter memuji Bais sebagai organisasi yang rapi. "Cara kerjanya terkendali, pengaruhnya menyerap ke bawah dan ke atas," katanya. Boleh percaya atau tidak, kegiatan pertama Bais adalah pengendalian kejahatan dengan PETRUS, operasi yang membuat keder penjahat, gali dan bromocorah. Pemerintah sendiri tak pernah mengumumkan siapa di belakang petrus itu. Ketika masalah petrus itu marak secara nasional, Benny Moerdani menyebutkan: "ada perang antargang" atau "ada orang mati dengan luka peluru, karena melawan petugas." Presiden sendiri -dalam buku Soeharto : Pikiran, Ucapan dan Tindakan Saya (1989)- membenarkan dalih untuk mengatasi kejahatan itu. "Lalu ada yang mayatnya ditinggalkan begitu saja, itu shock therapy," katanya. Prestasi lain adalah operasi Woyla, membebaskan pesawat Garuda yang dibajak di bandara Don Muang, Bangkok., serta operasi alpha dalam pengadaan pesawat tempur, dan yang paling menyolok dunia adalah operasi pemboman markas mackdonald di singapura, namun setalah runtuhnya rezim Soeharto, pengaruh BIN semakin memudar itu terbukti maraknya aksi terorisme yang marak sekarang ini, itu adalah bukti belum adanya undang-undang yang mengatur peran BIN secara jelas dan nyata.

BND JERMAN
 
(BND) Bundesnachrichtendienst German



Bundesnachrichtendienst adalah badan intelijen asing dari pemerintah Jerman, di bawah kendali Kantor Kanselir. BND bertindak sebagai sistem peringatan dini untuk memperingatkan pemerintah Jerman ancaman terhadap kepentingan Jerman dari luar negeri. Hal ini sangat bergantung pada pengawasan penyadapan dan elektronik komunikasi internasional. Ini mengumpulkan dan mengevaluasi informasi pada berbagai bidang seperti terorisme internasional, proliferasi WMD dan transfer ilegal teknologi, kejahatan terorganisir, senjata dan perdagangan narkoba, pencucian uang, migrasi ilegal dan perang informasi. Sebagai layanan intelijen hanya luar negeri Jerman, BND mengumpulkan baik intelijen militer dan sipil.

MSS CHINA
 
MSS (Ministry of State Security ) China


Kementerian Keamanan Negara adalah lembaga keamanan Republik Rakyat Cina. Hal ini juga mungkin badan intelijen terbesar dan paling aktif luar negeri pemerintah Cina, meskipun juga terlibat dalam masalah keamanan dalam negeri. Pasal 4 UU Acara Pidana memberikan MSS otoritas yang sama untuk menangkap atau menahan orang yang melibatkan keamanan negara dengan pengawasan yang identik oleh procuratorates dan pengadilan. MSS bermarkas di dekat Departemen Keamanan Publik dari Republik Rakyat China di Beijing. Menurut Liu Fuzhi, Sekretaris Jenderal Komisi Politik dan Hukum di bawah Komite Sentral Partai Komunis China dan Menteri Keamanan Publik, misi dari MSS adalah untuk memastikan "keamanan negara melalui tindakan efektif melawan kontra intelijen, dan kontra-revolusioner kegiatan yang dirancang untuk sabotase atau menggulingkan sistem sosialis China adalah "Salah satu misi utama dari MSS. tidak diragukan lagi untuk mengumpulkan intelijen asing dari target di berbagai negara di luar negeri. Banyak agen MSS dikatakan telah beroperasi di wilayah daratan China (Hong Kong, Makau, dan Taiwan) dan telah terintegrasi dalam banyak komunitas di dunia Tionghoa perantauan. hampir dari 120 agen yang telah beroperasi di bawah non-resmi di AS, Kanada, Barat dan Eropa Utara, dan Jepang sebagai pengusaha, bankir, akademisi, dan wartawan ditarik kembali ke Cina, suatu fakta yang menunjukkan geografis yang luas lingkup cakupan agen MSS.

CIA AMERIKA
 
CIA (Central Intelligence Agancy) America


CIA adalah yang terbesar dari badan-badan intelijen dan bertanggung jawab untuk mengumpulkan data dari negara-negara lain yang dapat mempengaruhi kebijakan AS. Ini adalah badan intelijen sipil pemerintah Amerika Serikat bertanggung jawab untuk menyediakan intelijen keamanan nasional yang pembuat kebijakan Amerika Serikat. CIA juga terlibat dalam kegiatan rahasia atas permintaan Presiden Amerika Serikat. Fungsi utama CIA adalah untuk mengumpulkan informasi tentang pemerintah asing, korporasi, dan individu, dan untuk memberikan saran kebijakan publik. Badan ini melakukan operasi rahasia dan tindakan paramiliter, dan diberikannya pengaruh politik asing melalui Divisi Kegiatan Khususnya. salah satu kegagalan terbesar CIA adalah peristiwa 9 / 11, kemudian pada perang Irak CIA memiliki Jumlah pembelot / agen ganda berjumlah hampir seribu orang. CIA Sangat didanai oleh pemerintah dan berteknologi paling maju diantara badan Intelijen dunia lainnya

SIS INGGRIS
 


SIS (Secret Intelligence Service) Inggris



Inggris memiliki persepsi publik yang panjang dari sebuah badan intelijen yang efektif (karena keberhasilan, tidak realistis namun menghibur, Obligasi dari film James Bond). Persepsi ini sesuai kenyataan. MI6, setara Inggris untuk CIA, telah memiliki dua keuntungan besar yang  efektif. Beberapa cerita telah muncul dalam Perang Dingin, MI6 direkrut Penkovsky Oleg (salah satu intelijen rusia), yang memainkan peran kunci dalam resolusi yang menguntungkan dari Krisis Rudal Kuba, dan MI6 juga dikabarkan telah menyabotase program pesawat supersonik Tu-144 dengan mengubah dokumen dan memastikan bahwa mereka jatuh ke tangan KGB.

MOSSAD ISRAEL
 
MOSSAD (HaMossad leModiʿin uleTafkidim Meyuḥadim) Israel


Mossad bertanggung jawab untuk pengumpulan intelijen dan operasi rahasia termasuk kegiatan paramiliter. Ini adalah salah satu entitas utama dalam Komunitas Intelijen Israel, hasil intelijen yang dikumpulkan dan dilaporkan langsung kepada Perdana Menteri. Daftar keberhasilan Mossad adalah panjang. Badan intelijen Israel yang paling terkenal karena diambil sejumlah keberhasilan operasi PLO sebagai pembalasan atas serangan yang menewaskan sebelas atlet Israel di Olimpiade 1972 di Munich. Namun, lembaga ini memiliki keberhasilan lain  termasuk akuisisi pembelian pesawat  MiG-21 sebelum perang Enam Hari tahun 1967 dan pencurian rencana Mirage 5 setelah kesepakatan dengan Prancis terancam gagal. Mossad juga membantu Amerika Serikat dalam mendukung Solidaritas di Polandia selama tahun 1980.

ISI PAKISTAN
 
(ISI) Inter Services Intelligence Of Pakistan

Dengan track record keberhasilan, Intelijen yang terbaik sejauh ini pada skala catatan adalah ISI. The Inter-Services Intelligence diciptakan sebagai unit independen pada tahun 1948 dalam rangka memperkuat kinerja Intelijen Militer Pakistan selama Perang India-Pakistan tahun 1947. Keberhasilan lain dari Hal ini adalah tidak adanya  agen ganda atau Pembelot pada seluruh sejarahnya, dan memiliki agen mendekati 10.000 orang yang tersebar diseluruh dunia.

0 komentar:

Post a Comment