A-10 THUNDERBOLT PESAWAT TEMPUR PEMANGSA KAVALERI LAPIS BAJA

A-10 THUNDERBOLT
A-10 Thunderbolt dikenal sebagai Warthog (babi bercula dua), merupakan pesawat Angkatan Udara AS pertama yang dirancang untuk memberi dukungan udara untuk pasukan darat. A-10 Thunderbolt adalah pesawat bermesin ganda yang sangat efektif membabat habis semua sasaran termasuk tank dan kendaraan lapis baja lainnya dan pesawat ini masih di pergunakan untuk mendukung operasi di afganistan dan irak. Militer Amerika menargetkan pesawat ini akan digunakan oleh Angkatan Udara Amerika sampai tahun 2028.

A-10/OA-10 Thunderbolt  memiliki manuver yang sangat baik pada kecepatan udara rendah dan ketinggian dengan jarak 1.000 kaki (303,3 meter), selain itu mampu mendarat dengan landasan pendek serta di lengkapi dengan teknologi pertempuran malam wajar saja A-10 Thunderbolt ini mampu melakukan misi atau pertempuran pada malam hari. Selain berfungsi sebagai pesawat serang darat A-10 Thunderbolt II juga mampu di gunakan untuk misi forward air control sebagai penunjuk jalan bagi pesawat lain untuk melakukan serangan ke daerah musuh.

Pesawat A-10 Thunderbolt di awaki oleh Kokpit tunggal anti peluru dengan ketebalan baja 3,8 cm selain itu kokpit di lengkapi dengan head-up disply yang bertujuan untuk penargetan senjata juga menampilkan pencitraan inframerah dari Maverick AGM-65.  Sistem radio-Cepat Memiliki komunikasi yang aman, navigasi inersia dan navigasi udara taktis (TACAN). Selain itu Kokpit pesawat terdapat beberapa peralatan canggih lainnya seperti global positioning system (GPS), inertial navigation system (EGI) dan terrain profile matching systems  TERPROM.


Persenjataan A-10 Thunderbolt
A-10 Thunderbolt II dilengkapi dengan berbagai jenis persenjataan, diantaranya adalah 1 buah senapan mesin 30 mm GAU-8/A Avenger gatling gun yang mampu menghamburkan peluru hingga 3900 putaran per menit, dan juga ditambah lagi dengan 8 buah hardpoint di bawah sayap dan 3 buah di bawah badan pesawat yang bisa di canteli dengan berbagai bom dan peluru kendali termasuk di antaranya AGM-65 Maverick peluru kendali dari udara ke darat dan peluru kendali dari udara ke udara AIM-9 Sidewinder. yang merupakan rudal jarak pendek semua aspek-dengan kecepatan maksimum lebih dari Mach 2. Bahkan pesawat ini bisa mengangkut bom cluster BLU-1 dan BLU-27, CBU-52 unit.

Untuk daya dorong A-10 Thunderbolt di sokong oleh dua turbo fan , TE34-GE-100 yang mampu melesat dengan kecepatan 420 mph dengan jarak tempuh 250 miles dalam asumsi berat 9.500 lb

No comments:

Post a Comment

Pages