SOPMOD M4, SENJATA PASUKAN KHUSUS AMERIKA

SOPMOD (Special Operation Peculiar Modification) adalah program USSCOM untuk melengkapi M4A1 dengan pelaratan elektronik yang dapat di beli di pasaran umum (non Development items/NDI) maupun yang memang khusus diembangkan atas permintaan militer sehingga peralatan tersebut di larang dimiliki sipil, dikenal dengan terminologi COTS (Commercial off the shelf) tujuannya tidak lain tidak bukan guna membantu pasukan khusus yang terkadang dalam misinya memerlukan peralatan spesifik .

Diharapkan dengan bantuan kit SOPMOD, pasukan khusus AS di lapangan akan memiliki superioritas dalam hal kualitas dan kemampuan di bandingkan lawannya. Diawali dengan program Special Operations Special Technology (SOST) Modular Close Combat Carbine yang di mulai pada September 1989 program SOPMOD dibagi kedalam tiga Block I,II,III Block I yang sudah diselesaikan pada periode 1995-2005, terfokus kepada M4A1 dan M203, sementara blok II yang direncanakan berlangsung antara 2005-2010 akan di khususkan bagi seluruh senjata yang telah distandarisasi  USSCOM. Sementara Block III yang rencananya dimulai pengembangannya ada 2007, akan di tujukan bagi semua persenjataan yang di pakai Angkatan Bersenjata AS. adapun disini kjenis salah satu  salah satu teknologi SOPMOD Block II yaitu :

COLT M4A1 CARBINE
Sebagai inti dari SOPMOD, tentu saja bagian utama terpenting adalah M4A1 jika pada Block I  M4A1 tidak banyak mengalami perubahan, maka pada blok II , M4A1 diberikan sentuhan berupa popor dorong dengan empat posisi yang dimana popor tersebut memiliki bantalan pipi agar mudah dan nyaman dalam membidik. Selain itu cadangan M4 dilengkapi dengan optik, maka ada KAC Back Up Iron Sight (BUIS) sebagai pengganti pisir carry handle. Selain itu keandalan M4A1 juga meningkatkan kepada Block II dengan memodifikasi pada ekstration part, penambakan M84 Gas Buster Charnging handle buatan Precision Beflex, Inc dan fire selektor buatan DPMS arms yang ambidextrous alias sudah ada di kedua receiver.

KAC M4 RAIL ADAPTER SYSTEM (RAS)
Pada bagian ini di fungsikan untuk menempatkan puluhan asesoris yang bisa di tempatkan pada bagian ini.  Sehingga memudahkan para operator untuk menyesuaikan kondisi dilapangan. Mulai dari jenis Varian M4, M203A1 yang masih menganut aliran free float dan RAS II yang pada akan di gunakan Block II

KAC VERTICAL FOREGRIP
Fungsi front grip ini sangat membantu dalam mempercepat pengarahan larasM4 untuk mengakuisisi target, frot grip buatan KAC dapat di pasang dengan metode ulir pengencangan pada Ras.

AN PEQ-5 VISBLE LASER
Fungsi dari visibel laser adalah mampu memancarkan laser merah kasat mata untuk membantu menembak berdasarkan titik perkenaan laser. Laser jenis ini jarang terpakai pasalnya terdapat kekurangan dari laser jenis ini yaitu musuh dapat menembakposisi operator dari arah datangnya sinar laser.

No comments:

Post a Comment

Pages