SKJOLD CLASS | KAPAL SILUMAN NORWEGIA

 
Kapal berpeluru cepat kelas kendali berteknologi siluman? bisa di bilang jawaban pertanyaan sekarang bukanlah sebatas angan-angan. Tercatat pada akhir era 1990-an Norwegia meluncurkan kapal cepat pengusung rudal berteknologi siluman (Stealth) nama yang di pakai adalah kalas Skjold atau bila diartikan tameng. Skejold bukan Cuma sekedar prototype belaka. Angkatan laut Norwegia secara resmi bakal mengoparasikan lima kapal sejenis ini.

Ada dua teknik yang diterapkan agar kapal bebas dari penciuman radar lawan. Pertama terletak pada desain bentuk dengan mengaplikasikan sudut-sudut tertentu. Hal ini masih di tunjang oleh kerapian penempatan persenjataan. Teknik kedua yaitu pemakaian bahan pembuatan non-metal. Bahan di comot tepatnya adalah kombinasi beragam bahan atau lazim disebut sebagai fiber-reinforced plastic composed.

Bicara tentang terobosan teknologi sevenarnya tak Cuma terletak pada kemampuan siluman semata. Soal cara berlayar, skyjold juga tergolong lain dari pada yang lain. Galangan kapal Umoe Mandal sengaja menerapkan tipe lambung ketamaran pada kapal ini. Sementara untuk bergerak kapal ini memakai efek udara (air cushioned) seperti pada hovercraft pendarat AL,AS LCAC

Jujur ada banyak keuntungan yang bisa diraih dari kombinasi desain lambung serta cara bergerak Skjold. Paling utama, stabilitas kapal menjadi benar-benar terjamin lantaran permukaan lambung yang bersinggungan dengan air terhitung minim efeknya jadi platform yang sempurna buat menempatkan persenjataan.

Selanjutnya kapal juga tetap mampu beraoprasi secara optimal di laut-laut beroprasi secara optimal di laut-laut dangkal. Keunggulan macam itu dianggap cocok buat mendukung taktik tempur laut (gerilya kepulawan)

Sesuai dengan klasifikasinya Skjold bakal dilengkapi dengan rudal permukaan-permukaan anti kapal. Tipe yang di usung adalah NSM (Norwegia Strike Missle) rudal paling gres lansiran Kongsberg  Norwegia. Senjata generasi penerus rudal pengin ini punya jarak jelajah hingga 150 km. selain rudal anti kapal, Skjold juga di bekali rudal antipesawat MBDA Mistral Plus Meriam super-rapid OTO-Malera Kaliber 76 mm

Seperti halnya senjata, soal radar pada Skjold tak boleh dipandang sebelah mata. Buat mengendus targetnya kapal di bekali dengan radar multi-fungsi MMR-3D-NG buatan Thales. Saat di fungsikan sebagai elemen pengintai maka perangkat ini mampu mencium sasaran yang bergerak di ketinggian 140 km. begitu di ubah fungsi radar intai tiga dimensi maka jarak jangkau  terdongkrak hingga 180 km. terakhir ketika di ubah fungsinya sebagai radar pertahanan maka semua benda yang berbahaya pada jarak 60 km bisa di cium .

Adapun spesifikasi Skjold :
 
Dimensi :
Panjang 47,5 m; beam 13,5m ; drought 0,9-2,3 m
 
Bobot tempur :
270 Ton
 
Sumber Tenaga :
Sepasang Gas Turbin Rolls-Royce Allieson 571kf plus sepacang lagi cadangan ; sepasang water jet; sepasang kipas pengangkat (lift fan) sepasang mesin spesialisasi manufer
 

Kecepatan :
55 knot sekitar 100 km/jam

Pages