Friday, 17 August 2012

SENJATA PANGGUL PEMBUNUH MONSTER LAPIS BAJA

Jangan kira kehebatan Tank tak punya tandingannya. Sebaliknya dimasa mendatang seabreg senjata pemusnah monster darat bagi keperluannya pasukan infanteri akan terus bermunculan berikut jumlah senjata antitank yang dianggap masih bisa meluluhlantakkan tank-tank modern.

MILAN
Tak berlebihan kalau banyak infanteri senang meneriakkan slogan “milan forever” pasalnya sejak dilansir pertama kali pada akhir era 70-an, kehebatan rudal anti tank lansiran Euromissile ini tak pernah surut. Mulai dari konflik Falkland hingga operasi iraqi freedom, tetap saja berjaya. Tapi sukses menggaet nama harum bukan berati inovasi milan berhenti. Varian-varian anyar tetap saja dilansir.sebut saja milan 2T yang punya hulu ledak ganda. Atau milan 3 yang sakti terhadap pengacak elektronik.



Spesifikasi
Bobot : Rudal 12 Kg : Sistem 29 Kg
Jarak Hantam : Maksimal 2 km; minimal 20 m


METIS-M
Predikat yang melekat pada Metis-M Cuma satu. Ia adalah saingan milan. Toh hasil rancangan bangun pabrikan senjata asal rusia, KBP ini tak malu bertarung memperebutkan nama. Apalagi dengan sejumlah opsi yang di sodorkan. Mulai dari sistem teropong pengendus panas hingga pilihan tipe hulu ledak. Baik berupa hulu ledak ganda seperti pada milan 2T atau FAE (Fuel Air Explosive) itulah modalrudal berkode asli 9M131 buat meraih nama

Spesifikasi
Bobot : Rudal 13,8 Kg; sistem 24,5 kg
Jarak hantam : max 1,5 km; minimal 80 m


SPIKE
Gara-gara sering terlibat dalam perang lapisan baja dengan negara tetangga maka Israel berusaha menciptakan sendiri rudal antitank. Hasil pabrikan senjata Rafael melansir Spike, mirip dengan Javelin, rudal ini paling doyan membobol bagian atas kubah tank. Kemampuan ini masih lagi di dukung oleh sistem fire and forget (tembak dan lupakan). Varian dengan jarak jangkau lebih jauh juga di buat dengan label Spike-ER selain AB Israel, tercatat Spike dipakai juga di Singapura, Belanda dan Finlandia.

 

Spesifikasi
Bobot : Rudal32 Kg Sistem
Jarak hantaman : maksimal 6 km minimal 200 m

JAVELIN
Negeri paman Sam masih punya andalan yang tergolong  anyar, Rudal yang dimaksud adalah Javelin. Tidak perlu banyak bicara soal keunggulan, hasil coba di gelar Lockheed martin dan Raytheon menunjukan dari 800 rudal yang di luncurkan, 85 persen diatarinya menghantam bagian atas kubah tank. Bagian terlemah dari monster lapis baja.

 
Spesifikasi :
Bobot : rudal 11,8 kg ; sistem 22,3 Kg
Jarak Hantaman : Maksimal 2,5 km ; Minimal 65 m


ERYX
Kategori unik memang pantas melekat pada Eryx. Betapa tidak rudal racikan MBDA ini punya pembagian jeroan yang terbilang aneh.Hulu ledak utamanya terletak pada bagian belakang rudal (bokong) jelas penempatan rudal semacam ini tak lazim dipakai. Walau demikian toh Eryx bisa di bilang sukses.Populasinya yang terjual saja sudah mencapai angka 50.000 unit.


 
Spesifikasi
Bobot : Rudal 13 kg ; sistem 17,5 kg
Jarak hantam : maksimal 600 m ; minimal 50 m

0 komentar:

Post a Comment