SENAPAN MESIN OTOMATIS FN MINIMI, SI MINI YANG MEMATIKAN

FN MINIMI adalah senjata otomatis regu yang mungkin bisa diterjemahkan dalam bahasa TNI sebagai senapan Otomatis Pasukan (SOP), nama baru dari Senapan Mesin Regu (SMR) minimi merupakan akronim dari minimitrailleuse (minimi-mechine gun). Minimi awalna di produksi Belgia dan diterima sebagai  senapan mesin ringan standar Nato.

SEKILAS TEMPAT ASAL
Sebut saja nama Belgia, mungkin tidak semua orang bisa menunjukan posisinya secara tepat dalam peta. Sebut nama Fabrique Nationale atau FN, dijamin orang pasti mengingat setidaknya satu senjata buatan pabrik kondang itu.

Ungkapan itu sebenarnya tidaklah berlebihan. FN sebagai pabrikan senjata seolah mewakili Belgia di Kancah pergaulan internasional. Siapa yang tidak tahu senapan serbu FN Fusil Automatique Langer, Alias FN FAL.? Belgia boleh gagal dalam menangani koloninya di Afrika, namun FL justru sukses besar menjadi pilihan bermacam fraksi dalam berbagai konflikdi benua hitam tersebut plus sukses juga di Eropa, sehingga gelar Refile of the free word jatuh ketangan senapan ini.

KEUNGGULAN MINIMI
Sebelum Minimi lahir ke dunia, militer dunia Cuma mengenal senapan serbu dan senapan mesin kelas sedang. Belum ada yang melihat peluang yang terbuka buat senapan mesin ringan dengan peluru yang  sama dengan senapan serbu. Jelas ada beberapa kelebihan yang dimiliki minimi di bidang senjata lainnya.

Pertama, membuat dedicated Squad otomatis Weapons membuat infanteri memiliki daya pukul yang lebih baik dari senapan serbu dan keadalan yang sama dengan senapan mesin sedang.

Kedua, soal akurasi Minimi lebih baik dari sekedar senapan serbu yang terlalu ringan dan susah di kontrol bila di tembakan dalam mode full auto.
Ketiga , minimi memberikan pengalaman dan kemudahan baik dalam perawatan maupun perbaikan lapangan yang tidak pernah di temukan dalam produk senapan mesin buatan pabrikan lain.

Keempat, Minimi turut mengubah doktrin penggelaran dan proyeksi pasukan infanteri membuat lebih efisien sehingga tujuan taktis bisa diraih dengan mengorbankan pasukan yang lebih sedikit.

KESUKSESAN MINIMI
Kalau di telisik dari kisahnya kesuksesan FN tidaklah jatuh dari langit. Piawai membaca pasar itulah kuncinya,  terus berinovasi menjadi mantra sakti keberhasilan. Panduan kedua yang menjadi rahasia kelangsungan FN sehingga laba yang dihasilkan mampu mengalahkan pabrikan senjata lain termasuk, Heckler und Koch (HK) dan Colt. Bahkan FN SCAR mampu memenangkan USSOCOM untuk senjata pasukan khusus, sementara FN P90 yang futuristik sangat populer dikalangkan pasukan khusus Eropa. Hanya FN yang mampu mengambil hati petinggi AS, walaupun notabene FN adalah pabrikan asal Eropa

Terakhir rahasia kesuksesan Minimi terletak pada tidak neko-nekonya syarat yang di berikan oleh pabrikan FN bagi konsumen yang ingin membeli produknya. Lahir dari sindikasi pedagang senjata membuat pabrikan FN memandang dunia ini dengan lebih pragmatis. Tidak ada penurunan spek atau kualitas seperti ketika HK menjual G36 ke luar Jerman. Tidak ada pula syarat politis seperti ketika AS menjual keluarga M16 ke seluruh dunia. Pokoknya cukup sediakan uang yang sesuai dengan harga katalog, semua persenjataan produk FN bisa diborong, kalaupun mau membeli lisensi produknya untuk di buat di negara sendiri juga tidak di harapkan, bahkan kalau perlu FN mengirimkan ahli-ahlinya seperti ketika Indonesia membeli Lisensi SS1 pada tahun 1990-an tidak heran. Minimi sukses besar-besaran di lebih dari 20 negara. Semua negara barat memiliki Minimi, bahkan negara eks blok timur seperti Slovenia mulai mengganti RPK dengan Minimi. Negara yang sedang bermusuhan seperti AS dan Venezuela  juga sama-sama menggunakan Minimi. Ya itulah minimi yang fenomenal.

No comments:

Post a Comment

Pages