Friday, 10 August 2012

SEA SHADOW,DEDENGKOT KAPAL SILUMAN AMERIKA

Kapal ini pernah ikut tampil dalam salah satu seri petualangan James Bond, tepatnya pada film Tomorrow Never Die. Desainnya yang sangat futuristik dan sangat berbeda dengan penampilan kapal pada umumnya, membuatnya pantas untuk menambah suasana fantastis pada film laga seperti itu. Kapal dengan penampilan aneh ini bukan sebuah property untuk kelengkapan pembuatan film petualangan agen rahasia dari Inggris itu. Kapal yang terkenal dengan julukan Sea Shadow ini memang sengaja dibuat untuk tujuan pengembangan tekhnologi stealth pada kapal tempur. Dibangun dibawah proyek rahasia militer AS. Begitu rahasianya, hingga sembilan tahun kemudian setelah uji cobanya yang pertama, publik baru mengetahui keberadaan kapal bertekhnologi canggih ini.

Shadow (IX-529)Sea Shadow memiliki nama asli berupa kode IX-529. Kapal ini dibangun pada pertengahan dasawarsa 1980an oleh perusahaan Lockheed Martin yang bekerja sama dengan angkatan laut AS dibawah proyek Devence Advanced Research Projects Agency (DARPA). DARPA merupakan proyek rahasia angkatan laut AS untuk pengembangan kapal tempur bertekhnologi stealth (anti radar dan deteksi elektronik lainnya). Dan IX-529 (Sea Shadow) adalah pilot project yang pertama untuk misi proyek ini. Setelah sembilan tahun dirahasiakan, akhirnya pada tahun 1994 kapal bertekhnologi siluman ini diketahui oleh publik. Sebenarnya keberadaannya sudah diakui oleh Pentagon pada tahun 1993, tapi masih dengan sikap yang hati-hati. Sehubungan dengan sikap seperti itu, pada tahun 1995 seorang insinyur yang ikut dipekerjakan untuk menangani kapal ini telah dituduh melakukan penjualan informasi rahasia tentang Sea Shadow dengan perantaraan seorang agen FBI yang menyamar sebagai petugas resmi dari Perancis.

Desain hull yang diterapkan pada Sea Shadow sebenarnya sudah umum digunakan oleh beberapa kapal konsional lainnya. Misalnya pada kapal-kapal fery yang dioperasikan oleh beberapa negara. Desain hull ini sudah digunakan lebih dari 30 tahun. Tapi tidak seekstrim seperti hull pada Sea Shadow (IX-529) ini. Ini membuat IX-529 terlihat aneh tapi futuristik. Desain hull itu membuat Sea Shadow mampu menahan gelombang setinggi 18 kaki atau lebih dari lima meter. Kapal tetap dalam keadaan stabil meskipun berada di permukaan laut dengan tinggi gelombang seperti itu.

Sea Shadow (IX-529)Menurut catatan yang ada, Sea Shadow sudah mulai direncanakan pembuatannya sejak 22 Oktober 1982. Kapal ini selesai dibangun dan mulai diuji coba pada tanggal 1 Maret 1985. Kapal ini memiliki panjang 50 meter dan lebar 21 meter dengan berat keseluruhan mencapai 572 ton. Sea Shadow digerakkan oleh diesel generator yang membuatnya mampu melaju hingga kecepatan 28 knot atau setara dengan 51 kilo meter per jam. Meskipun sebagai kapal tempur eksperimental tapi Sea Shadow sama sekali tidak dilengkapi dengan senjata. Mungkin karena sifat proyeknya hanya penekanan pada desain dan penerapan tekhnologi stealth saja.

Interior Sea Shadow sama sekali tidak menyediakan hal-hal yang menyenangkan bagi para awaknya. Tidak seperti yang digambarkan pada film James Bond yang berjudul Tomorrow Never Die itu. Dalam film itu, kapal ini digambarkan memiliki interior yang mewah. Kenyataannya di dalam kabin hanya tersedia satu buah oven microwave, sebuah lemari es, serta meja dan kursi untuk awak yang hanya berjumlah 4 orang. Memang kapal ini dikembangkan dengan tujuan pengoperasian kapal tempur dengan jumlah awak dan biaya pengoperasian seminim mungkin. Kapal dengan desain twin hull (lambung ganda) ini sekarang berada di pangkalan angkatan laut AS, Naval Station San Diego. Dan dibawah pengoperasian dari para pegawai perusahaan Lockheed Martin.

0 komentar:

Post a Comment