Saturday, 25 August 2012

PUSAKA INDONESIA MENJADI NAMA SANGAR UNTUK SENAPAN MESIN RINGAN BERPELURU MINI

Kriss Super V adalah  senapan mesin ringan merupakan senjata eksperimen menarik yang pada tahun 2007-an. Nama Kriss berasal dari pedang bahasa Indonesia (Keris) atau pisau besar dengan lekuk-lekuk seperti api, Senjata ini dimaksudkan Desain  untuk ditembakkan seorang diri bila diminta oleh situasi taktis dan dengan akurasi yang memadai.

Kris Super V bisa disebut "pistol submachine gun’ karena Kriss bisa diatur untuk memberondong peluru layaknya senapan serbu namun hanya menggunakan peluru berukuran kecil Cal .45 yang umumnya seukuran peluru pistol. Ringkasnya, ’pistol submachine gun’ adalah senapan serbu berukuran mini dengan peluru mini.

Kris Super V sangat efektif digunakan untuk pertempuran jarak dekat dan ditempat-tempat sempit semacam gedung atau perkotaan padat. Sebagai informasi,  submachine gun paling populer saat ini tak lain tak bukan adalah MP5 buatan Heckler and Koch.

Kelebihan Kriss dibanding senapan lain ada pada teknologi Super V atau Vector System. Pabrikan Kriss mengklaim dengan teknologi ini hentakan (recoil) senapan dapat dikurangi hingga 60%. Semakin kecil hentakan maka keakuratan dapat ditingkatkan, apalagi jika senapan diset pada ‘full automatic mode’.

Hentakan (recoil) pada senapan konvensional umumnya akan mengarah ke belakang, menghentak langsung bahu penembak. Hentakan ini cenderung membuat posisi penembak jadi ikut terdorong ke belakang. Dorongan ini yang kemudian menurunkan tingkat akurasi.

Untuk menyiasati masalah ini, Kriss dirancang mampu menyerap dan menyalurkan tenaga recoil ke arah bawah hingga hentakan dapat dikurangi. Hasilnya, pengguna jadi memiliki kontrol lebih baik dan akurasi pun jadi meningkat.

Kriss Super V  dilengkapi dengan dua jenis rel Picatinny, satu di atas  dan di bawah laras, fungsi dari Rel Picatinny adalah untuk menambahkan semua aksesoris yang diperlukan, seperti laser-bertujuan modul atau senter taktis. Rel atas dapat menerima berbagai perangkat pengamatan, seperti reddot, Sedangkann pada bagian bawah  dilengkapi dengan foregrip vertikal.  Popor lipat polimer disediakan untuk mendukung keakurasian tembakan, bukan hanya itu saja Kriss Super V mempunyai 2 jenis metode tembakan , Otomatis dan Manual Mungkin karena mengakomodasi mekanisme baru ini, bentuk Kriss jadi tidak lazim. Desain Kriss jadi berbeda jika dibanding senapan pada umumnya atau pistol pada umumnya

Karakteristik
Type                       : Sub machine Gun
Place of Origin            : United States
Caliber                    :.45 ACP
Weight, empty             :2,18 kg prototype 1,8 - 2,0 kg target for production gun
Length (stock folded / opened)     406 /  635 mm
Barrel length              :140 mm
Rate offire                :800 to 1100 rounds per minute
Magazine capacity     :13 rounds (28 roundmagazine is being developed)
Effective range            :100 meters

0 komentar:

Post a Comment