Monday, 13 August 2012

MSTA-S ARTILERI PEMUKUL JARAK JAUH RUSIA

Rusia adalah salah satu Negara yang mewarisi sebagian besar kekuatan Uni Soviet wajar saja negara ini kerapkali disebut-sebut menyaingi kekuatan negara adidaya Amerika serikat khususnya dalam bidang inovasi militer.

Salah satu contoh inovasi Rusia  dalam bidang militer yaitu Tank MSTA-S yang dirancang khusus untuk menggempur kubu pertahanan musuh ataupun pasukan infanteri dengan mengusung canon howitzer caliber 152 mm, niscaya tank ini menjadi momok menakutkan karena mempunyai daya gempur yang sangat dahsyat. Tank MSTA-S ini mulai dioperasikan pada tahun 1989 yang bermarkas di angkatan darat Rusia.

Selain mengusung meriam caliber 152mm,  MSTA-S ini dibuat menyerupai dari body dan chassis Tank T-72 dan T-80 sebagai element tempur utamanya. Disamping itu Tank ini di lengkapi dengan Kubah Anti Serangan Udara dan Senapan Mesin anti serangan udara caliber 12,7 mm serta di operasikan secara otomatis dengan menggunakan remote control, bukan itu saja Tank ini dilengkapi dengan granat asap yang memungkinkan tank ini untuk berkamuflase dalam melakukan aksi menghindar musuh dari tembakan. Tak tanggung-tanggung jumlah amunisi yang bisa diangkut dari tank ini sebanyak 50 butir amunisi caliber 152 dan 300 butir amunisi senapan mesin anti serangan udara caliber 12,5.

Tank MSTA-S dapat menembakan berbagai jenis amunisi caliber 152mm seperti - HE-FRAG (high explosive fragmentation), HE-FRAG dengan base gas bleed, selain itu tank ini juga mampu menembakkan amunisi 3RB30 jammer yang mampu menimbulkan radio intereference atau  mengganggu komunikasi pihak lawan. Jarak tembak yang dapat dicapai sejauh 22 km dan dapat men-jam frekuensi antara 1,5 sampai 120 KHz pada radius 700 meter.

Meriam yang digunakan pada MSTA-S adalah meriam caliber 152mm 2A64 yang diproduksi oleh Barrikady State Production Association, Volgograd, Rusia, yang juga memproduksi berbagai jenis meriam artileri kaliber besar untuk angkatan darat dan angkatan laut Rusia.  Meriam ini memiliki sudut elevasi dari +68 sampai -3 derajat dengan putaran (traverse) 360 derajat.

Selain itu Tank MSTA-S dilengkapi dengan Proyektil Krasnopol dikembangkan oleh KBP Instrument Making Design Bureau, dari Tula, dan dirancang untuk menghancurkan kendaraan tempur dan posisi/basis persenjataan lawan. Dilengkapi dengan inertial mid-course guidance dan semi-active laser homing. Laser seeker diproduksi oleh LOMO dari St Petersburg. Proyektile dapat mencapai jarak efektif antara 3 sampai 20 km, dan menghantam target pada tembakan pertama tanpa registrasi terlebih dahulu. Krasnopol dipandu dengan pemandu laser 1D15 (1D22) dan memiliki 1A35 shot synchronisation system.

Dalam melakukan suatu penembakan Tank MSTA-S di dahului dengan Pemuatan amunisi ke meriam, kemudian dilakukan pergerakan laras untuk melakukan pentargetan ulang yang keseluruhnya dilakukan sepenuhnya secara otomatis, sehinga Tank ini dapat memiliki kemampuan menembak dengan rata-rata 8 butir amunisi per menit. Satu kali penembakan yang terdiri dari 8 unit MSTA-S dapat memuntahkan proyektil seberat 3 ton kedaerah target dalam waktu satu menit. Sistem kendali lintasan peluru dikoordinasikan dengan sistem kendali penembakan yang terdapat pada kendaraan. Semua amunisi didalam kendaraan dimuat didalam kubah penyimpanan dan dilakukan secara Auto Loader yang bergerak secara otomatis sehingga memungkinkan pemuatan kembali amunisi kedalam meriam tanpa harus menunggu meriam kembali pada posisi pemuatan seperti pada normalnya meriam artileri. Selain menggunakan system auto loader  Mekanisme pemuatan secara normal juga tersedia.

Sehingga yang perlu dilakukan oleh setiap personil penembak adalah untuk menjaga posisi pembidikan (panoramic sight) pada titik lintasannya. Komandan meriam juga dapat melakukan pengendalian atas penembakan dan pengendalian peralatan lainnya dan sisanya mendistribusikan peluru yang akan siap di tembakkan.


Rancangan rak amunisi juga memungkinkan untuk meletakan jenis amunisi yang berbeda jenis pada rak yang sama. Mekanisme pemuatan amunisi secara otomatis dapat di lakukan oleh komandan selaku pengendali tembakan akan memilih jenis amunisi yang akan dimuat ke kamar peluru. Selongsong peluru yang sudah terpakai akan dilotarkan secara otomatis untuk mengurangi jumlah gas buang yang ditimbulkan didalam kubah.

Terdapat konveyor yang terpisah dibelakang kubah untuk pemuatan bekal ulang amunisi dari luar kendaraan.  Sebelum howitzer mulai berhenti menembak, konveyor proyektil akan berada pada posisi terlipat pada tempatnya dibagian luar kubah, dan konveyor untuk charge (isian amunisi) terlipat didalam turret.

Untuk menunjang daya gerak Tank MSTA-s ini di gerakan dengan mesin 2S19 liquid-cooled, direct injleh mection dan mixed supercharge. Berkecepatan tinggi, 4-putaran, dapat menggunakan berbagai jenis bahan bakar (multi-fuel) dan menghasilkan tenaga maksimum 574 sampai 617 kW (780 sampai 840 tenaga kuda).   Kecepatan melintas dijalan raya 60km/jam dengan jarak tempuh 500 km.

Nah, inilah gambaran mengenai Tank MSTA-S yang sangat di banggakan AD Russia dalam menunjang daya gempur Angkatan darat rusia dalam melahap setiap lawannya. Selain itu Tank semacam ini juga memiliki varian baru yang sama persis tetapi beda caliber seperti pada ; 2S19M dengan sistem kendali penembakan dengan komputer dan 2S19M1 dengan caliber 155mm stadar NATO.

0 komentar:

Post a Comment