MBT KHRIZANTEMA, TANK SNIPER RUSIA

The Khrizantema (Krisan) adalah tank  BMP-3 yang sudah di modif menjadi tank super canggih, tank ini dikembangkan di bawah kepemimpinan KBM Engineering Design Biro di Moskow dan diumumkan untuk pertama kalinya pada tahun 1996. Prototype ini selesai pertama kali pada tahun 1990 dengan menggunakan chasis  BMP-3, Tank Ini dirancang untuk menangani generasi terbaru tank tempur se kelas M1A2 dan Leopard 2. Kharizentema tank di lengkapi dengan rudal utama seperti 9P157-2 dan 9M123 yang kemampuannya saggup merobek lapisan Baja tank musuh.

Kalau kita membahas mengenai rudal 9P157-2, rudal ini memiliki hulu ledak berkekuatan tinggi dengan Jangkauan maksimum rudal adalah 6.000 meter dengan kecepatan maksimum 400 meter per detik, yang bisa di masukkan ke dalam kelas rudal supersonic. Sedangkan 9M123 adalah rudal bertipe HEAT (Heigt Explosive anti tank) yang dimana rudal ini mampu menembus baja setebal 1000 milimeter. Serta senjata mesin caliber 7,62. Untuk mendukung keakurasian tembakannya Kharizantema di lengkapi dengan sebuah radar waveband yang berfugsi sebagai menteksi keberadan tank musuh. Radar ini dipasang secara otomatis yang bisa di naik turunkan pada saat melakukan tembakan.

Selain itu radar pada tank ini juga untuk mengontrol rudal secara simultan dan mebimbingan kepada target. Fitur yang unik dari rudal adalah bahwa ia memiliki dua mode bimbingan: otomatis, di mana dipandu oleh radar dan semi-otomatis yang di pandu laser.

Yang paling unik dri semua itu adalah rudal dan radar di sembunyikan seperti layaknya tank IVF tapi radar dan rudal ini bisa suatu saat di munculkan apabila ingin melakukan serangan terhadap target dengan tingkat keakurasian yang tinggi. 

Adapun Karakteristik dari AT-15 Kharizantema
* Length: 2.057 m
* Diameter: 150 mm
* Wingspan: 310 mm
* Range: 400 m to 6000 m
* Warhead:
** 9M123 Tandem HEAT with a reported penetration of 1200 mm versus RHA
** 9M123F Fuel air explosive
* Speed: 400 m/s

No comments:

Post a Comment

Pages