LPD4 AUSTIN CLASS KAPAL TEMPUR MULTI FUNGSI AS

PD4 Austin Class adalah salah satu jenis kapal tempur Angkatan Laut AS yang dimana  mengkombinasikan fungsi 3 jenis kapal: kapal pendarat, kapal pendarat tank, dan kapal muatan perang. Transport amfibi dan geladak kapal ini digunakan untuk transportasi marinir, serta perlengkapan Angkatan Laut seperti kapal amfibi dan helikopter.

Walaupun kemampuan LPD4 Austin Class masih kurang jika dibandingkan dengan LSD-41 yang baru, tetapi kapal-kapal Austin Class yang dibangun antara tahun 1965 dan 1971 ini diyakini lebih modern dari kapal-kapal jenis lainnya, karena memiliki masa operasi kapal yang jauh lebih lama daripada kapal AL terbaru sekalipun. Karena adanya fakta ini, AL Amerika telah merencanakan pembangunan kembali kapal jenis ini sebanyak 11 kapal pada tahun 1988. Kapal-kapal LPD4 Austin Class yang dibangun kembali dengan sentuhan modernisasi ini diharapkan akan memperpanjang masa aktif operasi kapal selama 17 tahun. Sayangnya, kongres Amerika tidak menyetujui pendanaan untuk program modernisasi kapal ini. Hasilnya, kapal LPD-1 telah pension setelah beroperasi selama tiga dekade. Meskipun demikian, jenis kapal LPD terus dibangun untuk mengganti kapal sebelumnya yang tidak dapat beroperasi lagi, hingga kini telah dibangun kapal LPD ke 17.

Kapal-kapal jenis LPD Austin Class memang didesain sebagai kapal pemimpin dan mampu memadai fasilitas komunikasi, kontrol, dan fungsi yang luas yang dapat mendukung kapal perang lain seperti Amphibious Task Force dan Landing Force Commander. Pada penyerangan amfibi, kapal ini akan berfungsi normal sebagai kapal pengendali primer yang mampu bertanggungjawab untuk mengkoordinasi gelombang kapal dan memperkirakan arah gerak kapal saat mendarat.



No comments:

Post a Comment

Pages