Friday, 17 August 2012

INVISIBLE TANK SUATU GENERASI TANK TEMPUR DENGAN KONSEP MEMBELOKAN CAHAYA

Departemen Pertahanan Inggris akhir-akhir ini mengembangkan alat yang dimana bisa membuat sebuah tank menjadi tidak terlihat, konsep ini  memanfaaatkan kamera dan prokyektor. Uji coba tersebut di lakukan pada sebuah tank tempur Inggris yang dimana sudah di lengkapi dengan alat tersebut dan hasilnya cukup memuaskan.

Materi ini bekerja dengan konsep membelokkan cahaya disekitar objek tiga dimensi, dan inilah yang menimbulkan efek pengguna seakan “menghilang” dan tak terlihat oleh orang lain.

Adapun teknik yang digunakan Tank ini, yaitu dengan menggunakan efek pembelokan cahaya yang bergantung pada pembiasan berbalik. Efek ini sama dengan yang biasa kita temui pada sedotan yang terlihat bengkok ketika ditaruh dalam gelas bening berisi air.Dengan menggunakan materi skala nano yang diukur dalam ukuran miliaran per meter, ilmuwan kemudian mengatur pembelokan cahaya disekitar objek tiga dimensi untuk membuat pengguna jubah “menghilang”.

Materi yang digunakan dalam pembuatan Tank ini biasa digunakan dalam panjang gelombang untuk kepentingan indutri telekomunikasi yang menjadi bagian dari spektrum. Ini teknologi yang luar biasa," kata seorang prajurit yang tidak ingin di sebutkan  yang dikutip oleh Daily Mail dan Minggu "Jika saya tidak pernah hadir saya tidak akan percaya itu. saya melihat di seluruh bidang dan hanya melihat rumput dan pohon, namun pada kenyataannya saya tertipu setelah melihat Moncong Tank yang tidak . Teknologi tersebut bergantung pada berat penggunaan kamera dan proyektor. Pada dasarnya, sebuah kamera film latar belakang, yang kemudian diproyeksikan atas permukaan khusus yang diterapkan untuk sesuatu di depan dalam hal ini, sebuah Tank

Sir John Pendry dari Imperial College London, mengatakan :
 "Jubah tak kelihatan yang secara teoritis adalah mungkin. Kekecewaan dari teknologi yang pada saat ini adalah ketergantungan pada kamera dan proyektor, dan tidak menutup kemungkinan Tahap pengembangan berikutnya adalah membuat tank kasat mata(tidak terlihat) dan tentunya lebih  sulit dan rumit, tapi mungkin untuk di wujudkan ."

0 komentar:

Post a Comment