APASIH PERBEDAAN TANK BERPENGGERAK RODA DAN TANK BERPENGGERAK RANTAI

Ada harga, ada barang. Pilihan pun juga beragam. Pokokya tergantung kemampuan uang. Itulah prinsip berbelanja tank zaman sekarang. Memborong tank berkategori MBT jelas membanggakan bagi pasukan darat sebuah negara. Gagah tampilannya, hebat pada senjata utama, serta di jamin tahan hantaman berbagai tipe peluru. Itulah simbol kebanggaannya. Sayangnya resep ini rupanya hanya berlaku bagi negara –negara kaya raya. Maklum saja harga terbilang mahal. Jadi bagi negara tak beduit, ya nanti dulu.


 
Cuma jangan patah arang. Pasalnya dunia lapis baja memang tak selebar daun kelor. Senjata ini banyak pabrikan senjata juga melansir tank-tank  berbendrol terjangkau. Rata-rata bermain pada bobot 20-an ton. Stingray bikinan candilac Gage AS. Armored Gun System (AGS) buatan FMC. Scorpion buatan inggris, atau CV90/120 misalnya, bisa jadi alternatif untuk di incar. Dengan sistem roda rantai, keduanya punya kemampuan meriam yang setara dengan MBT.

Mau yang lebih murah lagi biayanya operasionalnya..? tenang saja, masih ada banyak. Mereka adalah AMX-10 RC, Piranha III 10X10, LAV-300 atau MRAV-8 tapi spesies yang disebutkan tadi semuanya berpenggerak roda alias bukan kategori tank. Dan kelemahannya yang wajib di pikul: keadaan melahap medan oof-road lebih rendah ketimbang beroda rantai. Jadi sekarang tinggal bergantung pada pilihan, mau pilih beroda rantai atau ban.?

No comments:

Post a Comment

Pages